J A S A P E M B U A T A N W E B S O L O

Cara Promosi Di Whatsapp Dengan Whatsapp Marketing, Seiring dengan pertumbuhan pengguna WhatsApp yang terus meningkat, menjadikan aplikasi pesan singkat buatan Jan Koum semakin dilirik oleh para pebisnis. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di WhatsApp, Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk mencoba cara promosi dalam bentuk lain, terutama menjalin hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Salah satunya adalah dengan menjalankan cara promosi di WhatsApp dengan WhatsApp marketing.

 

Mengapa Perlu Berpromosi di WhatsApp?

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan yang paling banyak digunakan orang beberapa tahun belakangan. Sejak kemunculannya, aplikasi ini terus melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan penggunanya untuk bisa berkirim pesan dengan cara yang lebih cepat dan praktis.

 

Saat ini, sudah banyak pebisnis yang menggunakan WhatsApp, tidak hanya sebagai aplikasi berkirim pesan, namun untuk melakukan promosi dan mengelola pesanan pelanggan. Agar Anda tak tertinggal dari kompetitor yang sudah lebih dulu menggunakan WhatsApp marketing, sebaiknya Anda segera mempelajari dan menerapkannya.

 

Alasannya tentu saja terkait dengan mudahnya mengirimkan pesan sekaligus ke banyak orang dalam satu waktu. Anda cukup membuat satu template promosi yang bisa langsung Anda kirimkan ke beberapa orang asalkan kontak mereka sudah terdaftar di phonebook Anda. Pesan tersebut bisa berupa kabar adanya promo produk terbaru, manfaat menggunakan produk Anda, bonus pembelian dengan jangka waktu terbatas, dan masih banyak lagi model promosi yang bisa Anda lakukan.

 

Anda juga bisa menghubungkan perangkat WhatsApp ini ke media sosial atau website, sehingga ketika ada pelanggan yang membutuhkan jawaban segera untuk pertanyaan yang mereka ajukan, Anda bisa segera menjawabnya. Dengan cara ini, pelanggan tentu saja senang karena Anda memprioritaskan kebutuhan mereka. Pada akhirnya, kenyamanan dan pelayanan yang baik bisa membuat pelanggan menjadi loyal dan setia.

 

Untuk bisa menerapkan WhatsApp marketing dengan optimal, berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui terkait WhatsApp marketing.

 

 

 

Tips WhatsApp Marketing yang Ampuh untuk Kemajuan Bisnis

 

1. Buat Nomor Khusus

Teknik pertama untuk memaksimalkan WhatsApp sebagai aplikasi yang bisa membantu Anda menjalankan dan mengembangkan bisnis adalah menyiapkan nomor khusus untuk bisnis. Artinya, Anda harus membedakan nomor pribadi dan nomor WhatsApp bisnis.

 

Kenapa harus dipisah antara nomor pribadi dan nomor bisnis? Sering yang terjadi tanpa sadar Anda mengeluh di status WhatsApp. Ini bisa mempengaruhi bisnis Anda dan membuat pelanggan jadi kurang berminat berbelanja atau berbisnis dengan Anda setelah mereka membaca salah satu status Anda yang kurang berkenan di hati mereka.

 

2. Fokus pada Target Pasar untuk Bisnis Anda

Setiap bisnis pasti punya target pasar. Penetapan target pasar ini sangat penting bagi setiap pengusaha agar bisa lebih fokus dalam menjalankan berbagai strategi bisnis. Begitupun ketika Anda menggunakan WhatsApp marketing, maka harus memaksimalkan target pasar.

 

Perlahan dan pasti, mulailah dengan menambahkan nomor WhatsApp calon pelanggan maupun orang yang sudah menjadi pelanggan sedia. Lalu, Anda bisa mulai mengelompokkan mereka dalam beberapa kategori, misalnya pelanggan usia milenial, usia paruh baya, pelanggan loyal yang akan berbelanja banyak kalau diberi diskon tertentu, dan seterusnya.

 

Lakukan pengaturan sebaik mungkin mengenai target pasar ini dan kelolalah mereka berdasarkan kebutuhan mereka. Jangan lupa, setiap 3 atau 6 bulan sekali, lakukan evaluasi, mana pelanggan yang aktif berbelanja dan mana yang perlu hubungi kembali untuk follow-up.

 

3. Gunakan Fitur Grup dan Obrolan One to One

Teknik WhatsApp marketing selanjutnya yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan fitur group dan one to one chat. Tak ada salahnya Anda mengundang para pelanggan maupun calon pelanggan untuk bergabung di grup WhatsApp yang Anda buat.

 

Dengan grup ini, Anda akan lebih mudah menerapkan strategi penjualan atau strategi promosi lainnya. Namun perlu diingat agar di dalam grup jangan selalu berjualan saja, tetapi ciptakanlah suasana yang nyaman agar antar anggota grup bisa saling berinteraksi dengan nyaman, bertukar informasi positif, atau Anda bisa melakukan edukasi yang berhubungan dengan produk ataupun layanan bisnis Anda.

 

Selain membuat grup, Anda bisa pula memanfaatkan fitur obrolan pribadi atau one to one chat kepada pelanggan Anda dengan misi khusus. Misalnya untuk memberi ucapan selamat atas hari besar yang dirayakan pelanggan, dan jika memungkinkan berilah hadiah khusus dalam bentuk kupon belanja. Melalui fitur obrolan pribadi seperti ini, Anda bisa menciptakan hubungan yang lebih khusus dengan para pelanggan Anda dan secara tidak langsung bisa meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

 

4. Gunakan Fitur Cerita untuk Promosi

Anda dapat menggunakan fitur terbaru yang disebut WhatsApp sebagai fitur story untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Fitur story ini bisa dimanfaatkan untuk menerapkan WhatsApp marketing yang memungkinkan Anda berbagi cerita dengan orang-orang di kontak bisnis Anda.

 

Agar tujuan Anda mengembangkan bisnis ini tercapai, buatlah cerita menarik yang berhubungan dengan bisnis Anda. Cerita bisa yang memberi inspirasi atau memotivasi. Sentuhlah hati pelanggan Anda dengan cerita-cerita yang bagus dan ajak mereka untuk berkomentar sehingga secara tak langsung bisa memancing interaksi lebih lanjut antara Anda dengan pelanggan Anda.

 

Hal lain yang juga bisa Anda bagikan dalam fitur stories di WhatsApp adalah promosi produk, informasi terkait aktivitas bisnis Anda, dan lain sebagainya. Hindari membagikan kisah pribadi Anda dalam cerita WhatsApp bisnis karena hal ini bisa mengurangi profesionalitas Anda dalam menjalankan bisnis.

 

5. Lakukan Promosi dengan Bijak

Terakhir, teknik penggunaan WhatsApp marketing untuk menunjang aktivitas bisnis Anda adalah dengan melakukan promosi secara bijak. Tak jarang banyak pengusaha yang menganggap WhatsApp marketing sebagai media promosi secara brutal. Memang hal ini tidak dilarang. Namun dalam etika bisnis, promosi yang berlebihan justru akan menimbulkan blunder bagi pengusaha sendiri. Mengapa demikian?

 

Promosi yang dilakukan secara berlebihan dapat membuat pelanggan merasa terganggu dan akhirnya kehilangan selera untuk berbisnis dengan Anda. Nah untuk menghindarinya, Anda harus bijak kapan harus menebar banner promosi, dan kapan hanya membagikan tips yang mengundang pelanggan untuk berkomentar. Di lain waktu, Anda bisa juga mengadakan suatu permainan tertentu yang syaratnya meminta pelanggan bergabung di grup bisnis Anda.

 

Cara Promosi Lewat WhatsApp Marketing Tepat Sasaran

Panduan Meningkatkan Penjualan dengan 3 Cara Promosi Lewat WhatsApp Marketing!

WhatsApp menjadi platform paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya. Oleh karena itu, banyak bisnis memanfaatkan WhatsApp sebagai media pemasaran. Cara promosi lewat WhatsApp marketing ini diyakini efektif menarik perlanggan untuk bertransaksi.

Fitur WA marketing mempermudah bisnis memasarkan produknya. Melalui WA, pebisnis dapat berhubungan langsung dengan pelanggan tanpa perantara, begitu juga sebaliknya. Artikel ini akan memberi penjelasan mengenai WA Marketing dan cara WhatsApp marketing meningkatkan penjualan.

Tips WhatsApp Marketing untuk membantu memasarkan produk bisnis yang Anda jual, sebagai berikut:

  • Susun daftar kontak prospek atau pelanggan
  • Buatlah template pesan promosi
  • Kirimkan pesan melalui WhatsApp blast resmi

Cara Promosi Lewat WA

Apa itu WhatsApp Marketing?

WhatsApp Marketing adalah tools pada aplikasi WhatsApp yang membantu bisnis memasarkan produk atau jasa. WA marketing cukup efektif untuk pemasaran dimana Anda dapat mengirimkan pesan promosi (berupa teks, gambar, video, suara atau file) hanya dengan koneksi internet. Cara WhatsApp marketing ini sangat efektif menarik pelanggan untuk bertransaksi.

Selain pemasaran, WhatsApp juga membantu bisnis mengorganisir pesan dari pelanggan. Bahkan dari saluran bisnis lainnya yang terintegrasi dengan WhatsApp. Untuk dapat memanfaatkan WA Marketing, Anda perlu meningkatkan WhatsApp Business yang digunakan menjadi WhatsApp API.

WhatsApp Business API didukung tools lainnya yang memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran, penjualan serta customer service. Semua layanan tersebut dikelola secara terpadu dalam satu platform.

Tonton video dibawah ini untuk mengetahui fitur-fitur canggih yang dimiliki WhatsApp Business API:

 

Apa Peran WhatsApp Marketing pada Bisnis?

Marketing merupakan elemen yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan. WA Marketing ternyata memiliki peran penting dalam pemasaran yakni menarik perhatian pelanggan. Berikut cara WhatsApp Marketing untuk meningkatkan bisnis, antara lain:

1. Menjalin komunikasi dengan pelanggan

WhatsApp menawarkan kemudahan untuk pelanggan berkomunikasi dengan bisnis, baik untuk membeli produk atau hanya mengajukan pertanyaan. Begitu juga dengan bisnis yang dapat lebih cepat dan efisien dalam menjangkau serta melayani pelanggan. Dengan begitu, bisnis bisa lebih dekat dengan pelanggan termasuk memasarkan produknya.

2. Memasarkan produk melalui grup

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat grup chat yang dapat diisi hingga 100 orang. Melalui grup tersebut, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi maupun promosi kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat membuat khusus reseller yang akan membantu mengontrol mereka dalam menjualkan produk.

3. Menawarkan pengiriman produk lebih cepat

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur untuk berbagi lokasi. Anda bisa meminta pelanggan untuk berbagi lokasi dengan titik koordinat yang tepat dari lokasi pengiriman. Hal ini akan memudahkan kurir Anda dalam melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilih rute terpendek sehingga dapat menghemat waktu dan biaya operasional.

 

Mengapa Bisnis Memerlukan WhatsApp Marketing?

WhatsApp marketing banyak dipilih bisnis karena dinilai efektif untuk memasarkan produk. Cara WhatsApp marketing cukup mudah dengan membuat satu template promosi, kemudian kirim pesan sekaligus ke banyak orang dalam satu waktu. Alasan lainnya bisnis membutuhkan WA marketing, diantaranya sebagai berikut:

 

  • Memudahkan menyebarkan kabar promosi ke banyak orang dalam waktu bersamaan.
  • Memberikan layanan dukungan pelanggan yang akan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.
  • Melakukan pemasaran melalui semua jenis media menarik seperti teks; audio, video, bahkan panggilan cepat untuk memberikan dukungan pelanggan yang sangat baik.
  • Mengumpulkan umpan balik/feedback dari pelanggan dengan memberikan tautan atau opsi untuk membalas survei.
  • Mengirimkan pengingat atau pemberitahuan ke pelanggan tentang status pesanan mereka.

 

Bagaimana Cara Promosi Lewat WhatsApp Marketing yang Efektif?

WhatsApp marketing adalah cara efektif untuk memasarkan produk atau jasa. Dimana cara promosi lewat WhatsApp ini biasanya menyampaikan informasi atau promosi langsung kepada pelanggan tanpa perlu iklan atau mencetak brosur. Oleh karena itu, Anda perlu memaksimalkan WA marketing sehingga dapat meningkatkan penjualan.

 

Berikut cara WhatsApp marketing dapat meningkatkan penjualan:

Fokus hanya ke pasar yang ditargetkan

Cara WhatsApp marketing pertama adalah mentukan target pasar yang ingin Anda sasar. Dimulai mengelompokan prospek atau pelanggan yang Anda miliki. Misalnya berdasarkan pelanggan usia milenial, usia paruh baya, pelanggan loyal yang akan berbelanja banyak kalau diberi diskon tertentu, dan seterusnya. Lakukan evaluasi, setiap 3 atau 6 bulan sekali, mana pelanggan yang aktif dan mana yang perlu hubungi kembali untuk follow-up.

 

WhatsApp marketing dapat mengumpulkan informasi leads/prospek sebanyak-banyaknya

Informasi leads bisa Anda dapatkan melalui pameran, atau media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Informasi tersebut mengenai data identitas diri serta nomor yang bisa dihubungi. Memanfaatkan informasi tersebut untuk di-follow up menawarkan produk melalui WA marketing.

 

Kirim pesan promosi WhatsApp marketing secara berkala

Terakhir cara WhatsApp marketing meningkatkan penjualan adalah dengan mengirimkan pesan promosi. Dalam upaya membangun engagement dan mengkonversi calon pelanggan, bagikan penawaran yang menarik melalui pesan siaran atau broadcast. Melalui WhatsApp blast dari API WA, untuk menyebarkan pesan siaran tanpa perlu menyimpan kontak pelanggan sebelumnya, begitu juga sebaliknya. Jangan lupa gunakan cara komunikasi baik melalui teknik hypnoselling, hypno-writing, dan copywriting yang baik.

 

Cari Jasa SEO atau pembuatan website?
Silahkan Anda hubungi kami:

 

Jasa-Pembuatan-Website-Solo
Jasa-Pembuatan-Website-Solo

 


Jasa Optimasi SEO Solo

Jasa SEO Solo, Jasa Pembuatan Website Solo, Buat Website Solo, Pembuatan Toko Online Solo, Toko Online Solo, Desain Web Solo, Desain Grafis Solo, Pembuatan Online Shops Solo, Desain Solo, Web Solo, Website Solo, Pelatihan Website Solo, Kursus Web Solo, Kursus SEO Solo

Solo Desain merupakan layanan jasa di bidang jasa desain website dan pembuatan toko online di Solo dengan fitur modern, gratis domain, hosting cepat, responsive, support SEO. Kami juga melayani jasa optimasi website / jasa seo untuk meletakan website di halaman depan google.

Jasa Pembuatan Website

Solo Desain merupakan penyedia jasa pembuatan website terbaik di kota Solo (Surakarta), Jawa Tengah. Kami melayani jasa desain website, jasa web developer, jasa buat toko online, jasa pembuatan website pemerintahan, jasa pembuatan website portal berita, jasa pembuatan website sekolahjasa pembuatan website hotel, jasa pembuatan website rumah makan, jasa pembuatan website properti, jasa pembuatan website wisata, jasa optimasi SEO dll. GRATIS DOMAIN dan HOSTING.

Kursus Pembuatan Website

Solo Desain adalah pusat tempat Kursus Website, web designSEO, optinasi website, sosial media marketing dll. Kursus web design dan optimasi website di Solo Desain Anda akan mampu membuat dan mendesign website profesional. Telah banyak lulusan Solo Desain yang web design nya bagus dan profesional.

Related Post