J A S A P E M B U A T A N W E B S O L O
Jasa SEO Solo

Pelajari Sales Automation untuk Meningkatkan Efisiensi Penjualan, Seperti yang diketahui, sebagian besar waktu tim sales atau sales force dihabiskan untuk mengurus tugas administrasi dari pada melakukan tugas penjualan.

 

Hal ini tentu tidak efektif, karena hasil penjualan kurang maksimal. Berbeda apabila tugas tersebut dapat dikerjakan secara otomatis, sehingga tim bisa fokus meningkatkan penjualan.

 

Oleh karena itu, banyak bisnis mulai menggunakan sales automation untuk mengotomatiskan sebagian tugas tim penjualan.

Selain untuk meningkatkan penjualan, sales automation juga bisa dimanfaatkan untuk mengotomatiskan layanan pelanggan (service automation) bisnis Anda.

 

Service automation adalah mengotomatiskan sistem layanan bisnis seperti mengumpulkan informasi pelanggan secara otomatis. Keduanya sangat penting untuk meningkatkan performace sales menjadi lebih baik.

 

Yuk, pelajari pengertian, manfaat dan keguanaan sales automation pada artikel dibawah ini.

 

Apa itu Sales Automation?

Sales automation adalah proses otomatisasi pada aktivitas penjualan sehingga tim Sales Anda dapat fokus mengejar closing.

Tujuan penerapan sales automation adalah mengeliminasi sebanyak mungkin tugas tenaga sales yang biasa dikerjakan secara manual dan tidak melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan.

 

Implementasi otomatisasi penjualan dapat membuat keseluruhan aktivitas penjualan berjalan lebih efisien sehingga tim sales Anda dapat meningkatkan kinerjanya dan meminimalisir human error.

 

Selain itu, otomatisasi penjualan juga memiliki fitur sales pipeline yang merupakan cara praktis dalam menggunakan teknologi untuk memperbaiki hasil penjualan pada perusahaan.

 

Aplikasi sales automation dapat menghemat waktu dan biaya keseluruhan yang dikeluarkan oleh bisnis.

 

Apa Manfaat Menggunakan Sales Automation?

Sales automation adalah cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas tim penjualan Anda. Di mana sistem otomatisasi ini mampu meningkatkan penjualan, memperbaiki pendapatan, menghilangkan tugas manual yang menyita waktu.

 

Sales automation juga memberikan manfaat bagi bisnis dan tim sales dalam berbagai hal, di antaranya:

 

  • Meningkatkan produktivitas dan kinerja tenaga sales
  • Mendorong efisiensi bisnis
  • Memperbaiki keakuratan dan mempercepat proses sales
  • Memastikan tidak ada calon pelanggan yang terlewatkan
  • Mempersingkat tugas administratif penjualan
  • Mengurangi waktu respon sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menjaga data penjualan di seluruh departemen sales agar konsisten

 

Apa Keuntungan Bisnis Menggunakan Sales Automation?

Keuntungan sales automation adalah mengotomatiskan proses penjualan produk atau layanan sehingga meningkatkan pendapatan. Penerapannya tidak hanya untuk memudahkan tim penjualan, tetapi juga manajer sales. Fungsi lainnya dari sales automation adalah:

1. Untuk Tenaga Penjualan

Tenaga penjualan memiliki peran penting dalam proses bisnis. Namun selama ini, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menyelesaikan tugas administrasi.

Sales automation adalah pilihan tempat untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjualan. Di mana sistem otomatisasi penjualan ini membantu tim sales untuk menyelesaikan tugas sales seperti:

 

Prospecting

Prospecting merupakan tahapan pertama dalam Sales Pipeline CRM. Jika melakukan prospecting dengan menggunakan CRM, seluruh detail informasi yang diperoleh dari riwayat interaksi dengan klien, baik dari email, telepon, maupun media sosial, dapat disimpan otomatis dalam sistem sales CRM.

 

Memperkaya informasi klien

Dengan memiliki informasi data yang lengkap terhadap klien, tenaga sales dapat memiliki sumber yang up to date dan menyeluruh terkait profil mereka, serta dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun dengan mudah.

 

Otomatisasi manajemen penjualan

Sales automation adalah bantuan bagi sales force dalam melakukan follow-up email dan merekam seluruh interaksi dengan klien.

Melalui sales pipeline pada CRM, tim sales dapat melihat seluruh deals yang sedang berlangsung, mengatur tanggal deadline beserta pengingat agar tidak ada deals yang terlewat.

 

Otomatisasi dokumen dan quotation

Pembuatan dokumen dan quotation tidak lagi dilakukan secara manual karena telah diotomatisasi oleh sistem. Software dapat menghasilkan dokumen yang dibutuhkan secara instan dalam bentuk dokumen template spreadsheet atau word.

 

2. Untuk Manajer

Sales manager memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan tenaga sales. Maka dari itu, sales automation adalah solusi tempat untuk mempermudah kinerja manajer dalam memantau aktivitas penjualan, diantaranya sebagai berikut:

 

Pelaporan dan analisis

Software CRM memberikan laporan sales secara otomatis dan real time. Hal ini akan membantu manajer ketika memerlukan analisis kinerja sales dan tim dengan cepat.

 

Pelaporan ini juga membantu manajer dalam membuat perencanaan berdasarkan prediksi akurat kinerja perusahaan. Pelaporan yang dihasilkan dapat berupa kinerja tiap individu tim sales, pendapat bulanan atau tahunan, serta trend penjualan produk.

 

Segmentasi tim

CRM membantu manajer dalam melakukan segmentasi tim untuk memudahkan fokus penjualan di area tertentu dan memantaunya.

 

 

Apa saja Fitur yang Dimiliki Sales Automation?

Keuntungan diatas dapat bisnis dapatkan berkat kerja dari fitur-fitur yang dimiliki oleh sales automation. Fitur yang dimaksud antara lain:

  • Kostumisasi: Fitur ini memungkinkan sales automation dikustomnisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis
  • Sistem Otomatis: fitur ini otomatis menyimpan semua data pelanggan secara otomatis dalam dalam satu platform
  • Sales pipeline: Menampilkan seluruh perkembangan proses bisnis dari setiap deals atau pesanan pelanggan
  • Manajemen Tugas KPI: Menampilkan dashboard pencapaian kinerja tim dalam memenuhi target KPI secara real time
  • Kolaborasi tim internal: Dilengkapi dengan fitur yang memudahkan tim dalam bisnis untuk berkolaborasi dengan @metion, tanpa perlu berpindah aplikasi.
  • Integrasi Application: sales automation fleksibel untuk dihubungkan dengan aplikasi yang bisnis gunakan saat ini atau akan datang.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Sales Automation?

Sales automation membantu melakukan sebagian besar proses penjualan atau alur kerja dalam perusahaan. Berikut cara penggunakannya pada bisnis:

Follow up pelanggan

Sales automation dapat Anda manfaatkan untuk menindaklanjuti prospek menjadi pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan mengirimkan email follow up otomatis sesuai jadwal.

Ada beberapa jenis email yang bisa Anda kirimkan seperti promosi, pengingat janji, event atau peluncuran produk, newsletter dan banyak lagi.

 

Riwayat interaksi

Otomatisasi penjualan akan menyimpan seluruh interaksi pelanggan dalam satu platform. Informasi tersebut dapat Anda akses kapan saja saat dibutuhkan. Misalnya saat melayani pelanggan atau menyusun strategi bisnis yang membutuhkan analisis kebutuhan pelanggan.

 

Jadwal pertemuan dengan pelanggan

Anda dapat mengatur jadwal pertemuan dengan pelanggan pada. Kemudian saat waktunya tiba, sistem akan mengirimkan notifikasi pengingat baik ke pelanggan maupun Anda. Notifikasi ini dapat Anda atur untuk dikirimkan via email atau WhatsApp.

Jadi Anda tidak perlu khawatir lupa pertemuan dengan pelanggan

 

Dokumen penawaran (quotation) atau proposal penjualan

Kelebihan otomatisasi penjualan lainnya adalah Anda tidak perlu lagi membut penawaran (quotation) manual. Semuanya akan dikerjakan otomatis oleh sistem. Bahkan Anda bisa mengimpor dalam bentuk dokumen atau excel.

Bahkan Anda bisa membagikan langsung ke pelanggan atau rekan Anda.

 

Pelaporan dan analisis

Sistem otomatisasi ini juga dilengkapi dengan dashboard pelaporan yang menampilkan report secara real time. Dari dashboard tersebut, Anda dapat memantau pencapaian penjualan bisnis dan menganalisis masalah yang dihadapi.

Bahkan Anda bisa memantau report ini dari perangkat mobile Anda.

 

Sistem pesanan pembelian (purchase order system)

Sistem ini juga dapat Anda jugakan untuk mencatat pemesanan. Pesanan yang tercatat akan otomatis terhubung dengan tim lain untuk segera diselesaikan. Anda juga dapat memantau perkembangan pesanan pelanggan pada sales pipeline.

 

Cari Jasa SEO atau pembuatan website?
Silahkan Anda hubungi kami:

 

Jasa-Pembuatan-Website-Solo
Jasa-Pembuatan-Website-Solo

 


Jasa Optimasi SEO Solo

Jasa SEO Solo, Jasa Pembuatan Website Solo, Buat Website Solo, Pembuatan Toko Online Solo, Toko Online Solo, Desain Web Solo, Desain Grafis Solo, Pembuatan Online Shops Solo, Desain Solo, Web Solo, Website Solo, Pelatihan Website Solo, Kursus Web Solo, Kursus SEO Solo

Solo Desain merupakan layanan jasa di bidang jasa desain website dan pembuatan toko online di Solo dengan fitur modern, gratis domain, hosting cepat, responsive, support SEO. Kami juga melayani jasa optimasi website / jasa seo untuk meletakan website di halaman depan google.

Jasa Pembuatan Website

Solo Desain merupakan penyedia jasa pembuatan website terbaik di kota Solo (Surakarta), Jawa Tengah. Kami melayani jasa desain website, jasa web developer, jasa buat toko online, jasa pembuatan website pemerintahan, jasa pembuatan website portal berita, jasa pembuatan website sekolahjasa pembuatan website hotel, jasa pembuatan website rumah makan, jasa pembuatan website properti, jasa pembuatan website wisata, jasa optimasi SEO dll. GRATIS DOMAIN dan HOSTING.

Kursus Pembuatan Website

Solo Desain adalah pusat tempat Kursus Website, web designSEO, optinasi website, sosial media marketing dll. Kursus web design dan optimasi website di Solo Desain Anda akan mampu membuat dan mendesign website profesional. Telah banyak lulusan Solo Desain yang web design nya bagus dan profesional.

Related Post