Pelajari Sales Automation untuk Meningkatkan Efisiensi Penjualan, Seperti yang diketahui, sebagian besar waktu tim sales atau sales force dihabiskan untuk mengurus tugas administrasi dari pada melakukan tugas penjualan.
Hal ini tentu tidak efektif, karena hasil penjualan kurang maksimal. Berbeda apabila tugas tersebut dapat dikerjakan secara otomatis, sehingga tim bisa fokus meningkatkan penjualan.
Oleh karena itu, banyak bisnis mulai menggunakan sales automation untuk mengotomatiskan sebagian tugas tim penjualan.
Selain untuk meningkatkan penjualan, sales automation juga bisa dimanfaatkan untuk mengotomatiskan layanan pelanggan (service automation) bisnis Anda.
Service automation adalah mengotomatiskan sistem layanan bisnis seperti mengumpulkan informasi pelanggan secara otomatis. Keduanya sangat penting untuk meningkatkan performace sales menjadi lebih baik.
Yuk, pelajari pengertian, manfaat dan keguanaan sales automation pada artikel dibawah ini.
Sales automation adalah proses otomatisasi pada aktivitas penjualan sehingga tim Sales Anda dapat fokus mengejar closing.
Tujuan penerapan sales automation adalah mengeliminasi sebanyak mungkin tugas tenaga sales yang biasa dikerjakan secara manual dan tidak melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan.
Implementasi otomatisasi penjualan dapat membuat keseluruhan aktivitas penjualan berjalan lebih efisien sehingga tim sales Anda dapat meningkatkan kinerjanya dan meminimalisir human error.
Selain itu, otomatisasi penjualan juga memiliki fitur sales pipeline yang merupakan cara praktis dalam menggunakan teknologi untuk memperbaiki hasil penjualan pada perusahaan.
Aplikasi sales automation dapat menghemat waktu dan biaya keseluruhan yang dikeluarkan oleh bisnis.
Sales automation adalah cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas tim penjualan Anda. Di mana sistem otomatisasi ini mampu meningkatkan penjualan, memperbaiki pendapatan, menghilangkan tugas manual yang menyita waktu.
Sales automation juga memberikan manfaat bagi bisnis dan tim sales dalam berbagai hal, di antaranya:
Keuntungan sales automation adalah mengotomatiskan proses penjualan produk atau layanan sehingga meningkatkan pendapatan. Penerapannya tidak hanya untuk memudahkan tim penjualan, tetapi juga manajer sales. Fungsi lainnya dari sales automation adalah:
Tenaga penjualan memiliki peran penting dalam proses bisnis. Namun selama ini, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menyelesaikan tugas administrasi.
Sales automation adalah pilihan tempat untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjualan. Di mana sistem otomatisasi penjualan ini membantu tim sales untuk menyelesaikan tugas sales seperti:
Prospecting merupakan tahapan pertama dalam Sales Pipeline CRM. Jika melakukan prospecting dengan menggunakan CRM, seluruh detail informasi yang diperoleh dari riwayat interaksi dengan klien, baik dari email, telepon, maupun media sosial, dapat disimpan otomatis dalam sistem sales CRM.
Dengan memiliki informasi data yang lengkap terhadap klien, tenaga sales dapat memiliki sumber yang up to date dan menyeluruh terkait profil mereka, serta dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun dengan mudah.
Sales automation adalah bantuan bagi sales force dalam melakukan follow-up email dan merekam seluruh interaksi dengan klien.
Melalui sales pipeline pada CRM, tim sales dapat melihat seluruh deals yang sedang berlangsung, mengatur tanggal deadline beserta pengingat agar tidak ada deals yang terlewat.
Pembuatan dokumen dan quotation tidak lagi dilakukan secara manual karena telah diotomatisasi oleh sistem. Software dapat menghasilkan dokumen yang dibutuhkan secara instan dalam bentuk dokumen template spreadsheet atau word.
Sales manager memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan tenaga sales. Maka dari itu, sales automation adalah solusi tempat untuk mempermudah kinerja manajer dalam memantau aktivitas penjualan, diantaranya sebagai berikut:
Software CRM memberikan laporan sales secara otomatis dan real time. Hal ini akan membantu manajer ketika memerlukan analisis kinerja sales dan tim dengan cepat.
Pelaporan ini juga membantu manajer dalam membuat perencanaan berdasarkan prediksi akurat kinerja perusahaan. Pelaporan yang dihasilkan dapat berupa kinerja tiap individu tim sales, pendapat bulanan atau tahunan, serta trend penjualan produk.
CRM membantu manajer dalam melakukan segmentasi tim untuk memudahkan fokus penjualan di area tertentu dan memantaunya.
Keuntungan diatas dapat bisnis dapatkan berkat kerja dari fitur-fitur yang dimiliki oleh sales automation. Fitur yang dimaksud antara lain:
Sales automation membantu melakukan sebagian besar proses penjualan atau alur kerja dalam perusahaan. Berikut cara penggunakannya pada bisnis:
Sales automation dapat Anda manfaatkan untuk menindaklanjuti prospek menjadi pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan mengirimkan email follow up otomatis sesuai jadwal.
Ada beberapa jenis email yang bisa Anda kirimkan seperti promosi, pengingat janji, event atau peluncuran produk, newsletter dan banyak lagi.
Otomatisasi penjualan akan menyimpan seluruh interaksi pelanggan dalam satu platform. Informasi tersebut dapat Anda akses kapan saja saat dibutuhkan. Misalnya saat melayani pelanggan atau menyusun strategi bisnis yang membutuhkan analisis kebutuhan pelanggan.
Anda dapat mengatur jadwal pertemuan dengan pelanggan pada. Kemudian saat waktunya tiba, sistem akan mengirimkan notifikasi pengingat baik ke pelanggan maupun Anda. Notifikasi ini dapat Anda atur untuk dikirimkan via email atau WhatsApp.
Jadi Anda tidak perlu khawatir lupa pertemuan dengan pelanggan
Kelebihan otomatisasi penjualan lainnya adalah Anda tidak perlu lagi membut penawaran (quotation) manual. Semuanya akan dikerjakan otomatis oleh sistem. Bahkan Anda bisa mengimpor dalam bentuk dokumen atau excel.
Bahkan Anda bisa membagikan langsung ke pelanggan atau rekan Anda.
Sistem otomatisasi ini juga dilengkapi dengan dashboard pelaporan yang menampilkan report secara real time. Dari dashboard tersebut, Anda dapat memantau pencapaian penjualan bisnis dan menganalisis masalah yang dihadapi.
Bahkan Anda bisa memantau report ini dari perangkat mobile Anda.
Sistem ini juga dapat Anda jugakan untuk mencatat pemesanan. Pesanan yang tercatat akan otomatis terhubung dengan tim lain untuk segera diselesaikan. Anda juga dapat memantau perkembangan pesanan pelanggan pada sales pipeline.
Jasa SEO Solo, Jasa Pembuatan Website Solo, Buat Website Solo, Pembuatan Toko Online Solo, Toko Online Solo, Desain Web Solo, Desain Grafis Solo, Pembuatan Online Shops Solo, Desain Solo, Web Solo, Website Solo, Pelatihan Website Solo, Kursus Web Solo, Kursus SEO Solo
Solo Desain merupakan penyedia jasa pembuatan website terbaik di kota Solo (Surakarta), Jawa Tengah. Kami melayani jasa desain website, jasa web developer, jasa buat toko online, jasa pembuatan website pemerintahan, jasa pembuatan website portal berita, jasa pembuatan website sekolah, jasa pembuatan website hotel, jasa pembuatan website rumah makan, jasa pembuatan website properti, jasa pembuatan website wisata, jasa optimasi SEO dll. GRATIS DOMAIN dan HOSTING.
Solo Desain adalah pusat tempat Kursus Website, web design, SEO, optinasi website, sosial media marketing dll. Kursus web design dan optimasi website di Solo Desain Anda akan mampu membuat dan mendesign website profesional. Telah banyak lulusan Solo Desain yang web design nya bagus dan profesional.