Pelatihan Digital Marketing Media Sosial, Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Profesional Periklanan dan Pemasaran. Peserta mampu melakukan pemasaran menggunakan media sosial dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Program/pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Pelatihan Digital Marketing Media Sosial untuk membantu masyarakat dan pelaku usaha UMKM di Indonesia.
Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Profesional Periklanan dan Pemasaran
Perkembangan teknologi dan dunia internet semakin canggih, sehingga sebagian besar pemasaran dapat dilakukan dengan online. Professional Pemasaran untuk menunjang produktivitasnya harus menguasai digital marketing dalam mempromosikan produk. Setiap professional pemasaran harus memiliki etika pemasaran, strategi peamasaran, dan melakukan optimalimasi periklanan untuk melakukan penjualan guna memaksimalkan pemasaran. Pelatihan ini merupakan suatu pelatihan yang mengajarkan kepada peserta didik supaya memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Selain memotivasi untuk menjadi wirausaha, kita tentu dididik untuk menguasai materi mengenai digital marketing melalui sosial media.
Mengapa program ini merupakan pelatihan yang dibutuhkan, kebanyakan tenaga pemasaran saat ini hanya menggunakan ketrampilan konvesional dan belum melakukan peningkatan ketrampilan dan mengoptimalkan teknologi informasi dan digital, oleh karena itu pelatihan ini dilakukan untuk mendidik setiap tenaga pemasaran yang memadai dalam hal soft skill berupa etika dan strategi serta dalam mengembangkan konsumsi media sosial agar mencapai optimalisasi penjualan. Karena di era globalisasi ini kebutuhan akan konten sudah menjadi rutinitas yang setiap saat dapat di nikmati oleh manusia. Karena tidak mengikat jenis kelamin, usia, dan bahkan status sosial, semua haus akan konten yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Disisi lain, menurut segi ekonomi pemasaran melalui media sosial ini sangat berpeluang menambah penghasilan karena tidak membutuhkan banyak modal, dan resiko kerugiannya sangat minim. Tinggal bagaimana kita mengatur strategi pasar, dan promosi agar tepat sasaran.
Dalam pelatihan ini berisikan materi selain bagaimana kita mengolah konten, juga diajarkan bagaimana cara memperdalam ketrampilan yang kita miliki dengan kemampuan pemasaran online mengikuti perkembangan zaman. Ketrampilan lain yang diajarkan yaitu, dapat menganalisis dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui pemasaran sesuai dengan kelompok sasaran yang ingin dicapai. Keuntungan sebagai seorang professioanal pemasaran dan periklanan, bagaimana berkomunikasi yang baik terhadap pelanggan dan membentuk karakter sebagai seorang professional marketing serta apa yang perlu dilakukan ketika memulai suatu bisnis, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu menjadi seorang professional pemasaran dan periklanan melalui sosial media.
Program pelatihan ini merujuk pada Indotask 2020, yaitu professional periklanan dan pemasaran.
Kenapa Pelatihan ini penting?
Karena dengan mengikuti kelas Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Profesional Periklanan dan Pemasaran dapat meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas dalam melakukan pemasaran secara digital, serta berpeluang meningkatkan ketrampilan peserta sebagai seorang professional periklanan dan pemasaran.
Unit Kompetensi
JUDUL REFERENSI | UNIT KOMPETENSI |
SKKNI Nomor 389 Tahun 2013 Pemasaran | M.702090.001.01 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing) M.702090.004.01 Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial M.702090.005.01 Melaksanakan keterampilan penjualan M.702090.006.01 Menyusun rencana aktifitas penjualan M.702090.012.01 Melakukan analisa lingkungan bisnis M.702090.013.01 Menyusun elemen pemasaran perusahaan M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing) M.702090.020.01 Menyusun rencana pemasaran (marketing plan) |
SKKNI Nomor 351 Tahun 2014 Periklanan | M.731000.001.01 Membuat Perencanaan Periklanan
M.731000.002.01 Mengelola Hubungan dengan Klien M.731000.003.01 Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan
|
SKKNI Nomor 56 Tahun 2018 Pengoperasian Komputer | J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer J.63OPR00.002.2 Menggunakan Sistem Operasi
J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web J.63OPR00.008.2 Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (e-Mail Client) J.63OPR00.009.2 Menggunakan Aplikasi Berbasis Internet (Internet Based Applications Literacy) J.63OPR00.010.2 Menggunakan Aplikasi Media Sosial
|
Metode pembelajaran menggunakan sistem full webinar.
Setiap hari
Tanggal pelaksanaan
13-02-2023 s.d 17- 02-2023
20-02-2023 s.d 24-02-2023
27-02-2023 s.d 03-03-2023
06-03-2023 s.d 10-03-2023
13-03-2023 s.d 17-03-2023
20-03-2023 s.d 24-03-2023
27-03-2023 s.d 31-03-2023
03-04-2023 s.d 07-04-2023
10-04-2023 s.d 14-04-2023
17-04-2023 s.d 21-04-2023
24-04-2023 s.d 28-04-2023
01-05-2023 s.d 05-05-2023
08-05-2023 s.d 12-05-2023
15-05-2023 s.d 19-05-2023
22-05-2023 s.d 26-05-2023
Waktu webinar
Pukul 13.00 – s/d 16.00 WIB
Silakan ikuti pertemuan Webinar pada aktivitas Webinar dalam LMS
sesuai dengan jadwal dan tautan pertemuan yang sudah diberikan.
Kuota : 50 peserta
1. Pre-Test
2. Formative Test
3. Tugas Praktik Mandiri
4. Post-Test
5. Unjuk Keterampilan
a. Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan:
Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan
maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan
atau setelah webinar sesi terakhir berakhir
b. Instruksi unjuk keterampilan:
Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas
unjuk keterampilan
c. Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan:
Contoh : Unjuk keterampilan yang akan dilakukan peserta
adalah membuat sulaman yang dikumpulkan dalam bentuk
foto.
1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min. 60% nilai post-test
2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat “Sangat Memuaskan”, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min. 60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan
1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.
2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol “Lihat Sertifikat”
Sesi konsultasi akan di lakukan melalui webinar setiap Sabtu pukul 13.00 – 14.00 melalui webinar via zoom cloud meeting , tautan webinar dapat diakses pada aktivitas webinar dalam LMS
PENGETAHUAN (KOGNITIF) | SIKAP KERJA (AFEKTIF) | KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR) |
1. Peserta mampu memahami dasar-dasar digital marketing | 1. Peserta mampu menganalisis riset pasar dalam melakukan penjualan pada media sosial
|
1.Peserta mampu membuat konten dan copy writing sesuai kebutuhan dan keinginan
pemasaran digital |
2. Peserta mampu mengaplikasikan konten dan video marketing | 2. Peserta mampu mengikuti jadwal pembuatan konten yang telah disusun dengan efektif dan terstruktur | 2.Peserta mampu mengembangkan etika berkomunikasi profesional |
3.Peserta mampu mengevaluasi elemen dan strategi pemasaran | 3. Peserta mampu menunjukkan kreativitas dalam membuat konten copywriting | 3. Membuat dan mengevaluasi strategi dalam digital marketing, content marketing dan native advertising yang beretika |
Call Center :
Contact Person : +62 857-0202-2456 ( Sarah )
Bidang Studi/Industri Yang Dipelajari
Rujukan Kompetensi
A.SKKNI Nomor 389 Tahun 2013 Pemasaran
1.M.702090.001.01 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
2.M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif
3.M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
4.M.702090.004.01 Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial
5.M.702090.005.01 Melaksanakan keterampilan penjualan
6.M.702090.006.01 Menyusun rencana aktifitas penjualan
7.M.702090.012.01 Melakukan analisa lingkungan bisnis
8.M.702090.013.01 Menyusun elemen pemasaran perusahaan
9.M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif
10.M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
11.M.702090.020.01 Menyusun rencana pemasaran (marketing plan)
B. SKKNI Nomor 351 Tahun 2014 Periklanan
1.M.731000.001.01 Membuat Perencanaan Periklanan
2.M.731000.002.01 Mengelola Hubungan dengan Klien
3. M.731000.003.01 Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan
C. SKKNI Nomor 56 Tahun 2018 Pengoperasian Komputer
1. J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer
2. J.63OPR00.002.2 Menggunakan Sistem Operasi
3. J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web
4. J.63OPR00.008.2 Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (e-Mail Client)
5. J.63OPR00.009.2 Menggunakan Aplikasi Berbasis Internet (Internet Based Applications Literacy)
6. J.63OPR00.010.2 Menggunakan Aplikasi Media Sosial
Tujuan Pembelajaran
Kompetensi yang Dikembangkan
Periode Belajar
Durasi Belajar: 21 Jam 39 Menit
Jadwal Belajar: Pemaparan materi: 15:00:00, pre/post-test: 00:40:00, kuis formatif: 01:00:00, praktik mandiri: 02:00:00, evaluasi: 00:00:10
Karakteristik Peserta
1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun 2. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat 3. Memiliki ketertarikan terhadap pemasaran digital 4. Dapat mengoperasikan komputer dan internet 5. Memiliki koneksi intenet yang cukup memadai
Jenjang/Usia
Aktivitas
5 Belajar Live
2 Video
10 Aktivitas Diskusi/Konsultasi
PEMBUKAAN PROGRAM
4 Aktivitas – 00:53:00
1. Selamat Datang
Materi Ajar 00:01:00
2. Pengenalan Lembaga Pelatihan
Materi Ajar 00:02:00
3. Pre-Test
Tugas 00:20:00
4. Membaca Modul Pembelajaran
Materi Ajar 00:30:00