J A S A P E M B U A T A N W E B S O L O

Pelatihan Digital Marketing Media Sosial, Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Profesional Periklanan dan Pemasaran. Peserta mampu melakukan pemasaran menggunakan media sosial dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.

Tentang Pelatihan Digital Marketing Media Sosial

Program/pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Pelatihan Digital Marketing Media Sosial untuk membantu masyarakat dan pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Profesional Periklanan dan Pemasaran

 

 

Perkembangan teknologi dan dunia internet semakin canggih, sehingga sebagian besar pemasaran dapat dilakukan dengan online. Professional Pemasaran untuk menunjang produktivitasnya harus menguasai digital marketing dalam mempromosikan produk. Setiap professional pemasaran harus memiliki etika pemasaran, strategi peamasaran, dan melakukan optimalimasi periklanan  untuk melakukan penjualan guna memaksimalkan pemasaran. Pelatihan ini merupakan suatu pelatihan yang mengajarkan kepada peserta didik supaya memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Selain memotivasi untuk menjadi wirausaha, kita tentu dididik untuk menguasai materi mengenai digital marketing melalui sosial media.

 

Mengapa program ini merupakan pelatihan yang dibutuhkan, kebanyakan tenaga pemasaran saat ini hanya menggunakan ketrampilan konvesional dan belum melakukan peningkatan ketrampilan dan mengoptimalkan teknologi informasi dan digital, oleh karena itu pelatihan ini dilakukan untuk mendidik setiap tenaga pemasaran yang memadai dalam hal soft skill berupa etika dan strategi serta dalam mengembangkan konsumsi media sosial agar mencapai optimalisasi penjualan. Karena di era globalisasi ini kebutuhan akan konten sudah menjadi rutinitas yang setiap saat dapat di nikmati oleh manusia.  Karena tidak mengikat jenis kelamin, usia, dan bahkan status sosial, semua haus akan konten yang sudah menjadi makanan sehari-hari.  Disisi lain, menurut segi ekonomi pemasaran melalui media sosial ini  sangat berpeluang menambah  penghasilan karena tidak membutuhkan banyak modal, dan resiko kerugiannya sangat minim. Tinggal bagaimana kita mengatur strategi pasar, dan promosi agar tepat sasaran.

Dalam pelatihan ini berisikan materi selain bagaimana kita mengolah konten, juga diajarkan bagaimana cara memperdalam ketrampilan  yang kita miliki dengan kemampuan pemasaran online mengikuti perkembangan zaman. Ketrampilan lain yang diajarkan yaitu, dapat menganalisis dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui pemasaran sesuai dengan kelompok sasaran yang ingin dicapai. Keuntungan sebagai seorang professioanal pemasaran dan periklanan, bagaimana berkomunikasi yang baik terhadap pelanggan dan membentuk karakter sebagai seorang professional marketing serta apa yang perlu dilakukan ketika memulai suatu bisnis, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu menjadi seorang professional pemasaran dan periklanan melalui sosial media.

Program pelatihan ini merujuk pada Indotask 2020,   yaitu professional periklanan dan pemasaran.

Kenapa Pelatihan ini penting?
Karena dengan mengikuti kelas Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Profesional Periklanan dan Pemasaran dapat meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas dalam melakukan pemasaran secara digital, serta berpeluang meningkatkan ketrampilan peserta sebagai seorang professional periklanan dan pemasaran.

 

 

Unit Kompetensi

JUDUL REFERENSI UNIT KOMPETENSI
SKKNI Nomor 389 Tahun 2013 Pemasaran M.702090.001.01    Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan

M.702090.002.01    Melaksanakan komunikasi efektif

M.702090.003.01    Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)

M.702090.004.01    Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial

M.702090.005.01    Melaksanakan keterampilan penjualan

M.702090.006.01    Menyusun rencana aktifitas penjualan

M.702090.012.01    Melakukan analisa lingkungan bisnis

M.702090.013.01    Menyusun elemen pemasaran perusahaan

M.702090.002.01    Melaksanakan komunikasi efektif

M.702090.003.01    Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)

M.702090.020.01    Menyusun rencana pemasaran (marketing plan)

SKKNI Nomor 351 Tahun 2014 Periklanan M.731000.001.01 Membuat Perencanaan Periklanan

M.731000.002.01  Mengelola Hubungan dengan Klien

M.731000.003.01 Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan

 

SKKNI Nomor 56 Tahun 2018 Pengoperasian Komputer J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer J.63OPR00.002.2 Menggunakan Sistem Operasi

J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web

J.63OPR00.008.2 Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (e-Mail Client)

J.63OPR00.009.2 Menggunakan Aplikasi Berbasis Internet (Internet Based Applications Literacy)

J.63OPR00.010.2 Menggunakan Aplikasi Media Sosial

 

 

 

 

Metode Pembelajaran 

Metode pembelajaran menggunakan sistem  full webinar.

 

Jadwal Webinar dan Akses Webinar

Jadwal Webinar 

Setiap hari

  • Senin
  • Selasa
  • Rabu
  • Kamis
  • Jumat

Tanggal  pelaksanaan
13-02-2023 s.d 17- 02-2023

20-02-2023 s.d 24-02-2023

27-02-2023 s.d 03-03-2023

06-03-2023 s.d 10-03-2023

13-03-2023 s.d 17-03-2023

20-03-2023 s.d 24-03-2023

27-03-2023 s.d 31-03-2023

03-04-2023 s.d 07-04-2023

10-04-2023 s.d 14-04-2023

17-04-2023 s.d 21-04-2023

24-04-2023 s.d 28-04-2023

01-05-2023 s.d 05-05-2023

08-05-2023 s.d 12-05-2023

15-05-2023 s.d 19-05-2023

22-05-2023 s.d 26-05-2023

 

Waktu webinar 

 Pukul 13.00 – s/d 16.00 WIB

 

Langkah Akses Webinar 

Silakan ikuti pertemuan Webinar pada aktivitas Webinar dalam LMS

sesuai dengan jadwal dan tautan pertemuan yang sudah diberikan.

Kuota : 50 peserta

 

Metode Evaluasi 

1. Pre-Test

2. Formative Test

3. Tugas Praktik Mandiri

4. Post-Test

5. Unjuk Keterampilan

 

a. Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan:

Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan

maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan

atau setelah webinar sesi terakhir berakhir

 

b. Instruksi unjuk keterampilan:

Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas

unjuk keterampilan

 

c. Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan:

Contoh : Unjuk keterampilan yang akan dilakukan peserta

adalah membuat sulaman yang dikumpulkan dalam bentuk

foto.

 

Jenis Sertifikat 

1.  Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min. 60% nilai post-test
2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat “Sangat Memuaskan”, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min. 60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan

 

Langkah – langkah Melihat Sertifikat Dan Mengisi Rating :

1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.

2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol “Lihat Sertifikat”
Sesi konsultasi akan di lakukan melalui webinar setiap Sabtu pukul 13.00 – 14.00 melalui webinar via zoom cloud meeting , tautan webinar dapat diakses  pada aktivitas webinar dalam LMS

 

ASPEK KOMPETENSI

PENGETAHUAN (KOGNITIF) SIKAP KERJA (AFEKTIF) KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
1. Peserta mampu memahami dasar-dasar digital marketing 1. Peserta mampu menganalisis riset pasar dalam melakukan penjualan pada media sosial

 

1.Peserta mampu membuat konten dan copy writing sesuai kebutuhan dan keinginan

pemasaran digital

2. Peserta mampu mengaplikasikan konten dan video marketing 2. Peserta mampu mengikuti jadwal pembuatan konten yang telah disusun dengan efektif dan terstruktur 2.Peserta mampu mengembangkan etika berkomunikasi profesional
3.Peserta mampu mengevaluasi elemen dan strategi pemasaran 3. Peserta mampu menunjukkan kreativitas dalam membuat konten copywriting 3. Membuat dan mengevaluasi strategi dalam digital marketing, content marketing dan native advertising yang beretika

 

 

Call Center : 
Contact Person : +62 857-0202-2456 ( Sarah ) 

 

Bidang Studi/Industri Yang Dipelajari

Pemasaran
Digital & Teknologi

Rujukan Kompetensi

1.M.702090.001.01 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan

2.M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif

3.M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)

4.M.702090.004.01 Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial

5.M.702090.005.01 Melaksanakan keterampilan penjualan

6.M.702090.006.01 Menyusun rencana aktifitas penjualan

7.M.702090.012.01 Melakukan analisa lingkungan bisnis

8.M.702090.013.01 Menyusun elemen pemasaran perusahaan

9.M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif

10.M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)

11.M.702090.020.01 Menyusun rencana pemasaran (marketing plan)

1.M.731000.001.01 Membuat Perencanaan Periklanan

2.M.731000.002.01 Mengelola Hubungan dengan Klien

3. M.731000.003.01 Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan

1. J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer

2. J.63OPR00.002.2 Menggunakan Sistem Operasi

3. J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web

4. J.63OPR00.008.2 Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (e-Mail Client)

5. J.63OPR00.009.2 Menggunakan Aplikasi Berbasis Internet (Internet Based Applications Literacy)

6. J.63OPR00.010.2 Menggunakan Aplikasi Media Sosial

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta mampu memahami digital marketing dan penerapannya di media sosial
  2. Peserta mampu memanfaatan aplikasi dalam digital marketing: Aplikasi Email, Calendar, dan Media Penyimpanan digital
  3. Peserta mampu menggunakan dan mengembangkan pemanfaatan aplikasi mobile media sosial, maps dan location based, serta e-commerce, dan wikipedia.
  4. Peserta mampu mengelola pemasaran online menggunakan media sosial.
  5. Peserta mampu mengembangkan etika berkomunikasi profesional dan merancang strategi dalam digital marketing, content marketing dan native advertising

Kompetensi yang Dikembangkan

 Bekerja Sama
 Berkomitmen
 Reflektif
 Berdaya
 Cerdas
 Mandiri
 Berprinsip

Periode Belajar

Durasi Belajar: 21 Jam 39 Menit

Jadwal Belajar: Pemaparan materi: 15:00:00, pre/post-test: 00:40:00, kuis formatif: 01:00:00, praktik mandiri: 02:00:00, evaluasi: 00:00:10

Karakteristik Peserta

1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun 2. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat 3. Memiliki ketertarikan terhadap pemasaran digital 4. Dapat mengoperasikan komputer dan internet 5. Memiliki koneksi intenet yang cukup memadai

Jenjang/Usia

  • Profesional

Aktivitas

undefined-icon

5 Belajar Live

undefined-icon

2 Video

undefined-icon

10 Aktivitas Diskusi/Konsultasi

1. Selamat Datang

Materi Ajar 00:01:00

2. Pengenalan Lembaga Pelatihan

Materi Ajar 00:02:00

3. Pre-Test

Tugas 00:20:00

4. Membaca Modul Pembelajaran

Materi Ajar 00:30:00