J A S A P E M B U A T A N W E B S O L O
Jasa SEO - Jasa SEO Website

Pasti Bisa! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri – Jika Anda sampai pada artikel ini, kemungkinan Anda adalah seorang pengusaha yang ingin mengekspansi bisnisnya hingga luar negeri.

Kalau begitu, Anda tidak sendirian karena ada juga Anggun, yang sudah memulai usaha tas etnik selama 3 tahun.

Walaupun usianya masih muda, wanita ini tak pernah ragu untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang baru hingga produk buatannya tersebar luas di seluruh nusantara hingga menjelajah luar negeri.

Itulah, kemerdekaan finansial yang ingin ia capai di masa depan.

 

Sebenarnya, mengekspansi bisnis hingga luar negeri bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, lho.

Banyak peluang yang bisa Anda gunakan, apalagi dengan mudahnya akses internet saat ini.

Memanfaatkan perkembangan teknologi, bisa menjadi cara ekspansi bisnis ke luar negeri.

Apalagi dengan adanya media sosial, Anda bisa mempromosikan produk Anda dan dilihat oleh setiap orang di seluruh dunia.

Memang, ekspansi bisnis menjadi salah satu tolak ukur akan kesuksesan sebuah bisnis.

Dengan bisa mengembangkan bisnisnya hingga international, berarti produknya fleksibel, punya kemampuan adaptasi yang tinggi dan tangkas bersaing dengan produk lainnya.

Lalu, apa saja cara ekspansi bisnis ke luar negeri yang bisa Anda terapkan? Berikut penjabarannya!

Pasti Bisa! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Memperoleh Pengetahuan Tentang Pasar

 

Jika Anda ingin berhasil dalam geografi baru, Anda tentunya harus memiliki banyak pengetahuan dari tempat yang mau Anda tuju tersebut.

Inilah cara ekspansi bisnis ke luar negeri yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal.

Baca Juga: 3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Hal yang bisa Anda lakukan antara lain, memahami nuansa bahasa lokal, persyaratan dan preferensi pelanggan, perbedaan budaya, dan peraturan yang berlaku di sana.

Dengan melakukan cara ini, Anda akan mampu jalankan operasi industri, lalu menyusun strategi terbaik agar bisnis bisa tumbuh serta berhasil di pasar baru.

Lakukan Pendekatan Pasar

 

Setelah Anda sudah berhasil mengumpulkan semua informasi atau pengetahuan tentang pasar yang dipilih dan dituju, cara ekspansi bisnis ke luar negeri selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pendekatan pasar antara lain, menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya dan menganalisis kompetitor.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan mampu mengukur berapa banyak sumber daya yang harus diinvestasikan agar hasilnya optimal.

Baca Juga: Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia!

Anda juga perlu untuk mengidentifikasi dan memisahkan tantangan pasar. Setelah itu, pikirkan juga bagaimana mengubahnya jadi peluang.

Analisis mendalam seperti itu akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan demografi dan target konsumen, sehingga pendapatan juga bisa maksimal nantinya.

Pilih Mitra yang Tepat

 

Jika ingin melakukan ekspansi ke luar negeri, Anda mungkin saja harus banyak mencari aliansi atau kemitraan lokal yang ada di tempat pasar tujuan Anda.

Cara ekspansi bisnis ke luar negeri ini akan meminimalkan risiko yang ada, selain itu juga sangat membantu untuk mendapatkan akses ke berbagai relasi lokal seperti, jaringan bisnis, produsen, hingga badan hukum.

Maka dari itu, cara ini jadi salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis di pasar baru nanti.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Ekspansi Bisnis Khusus untuk Para Womanpreneur

Mencari sebuah mitra yang cocok, memang memakan waktu yang tidak singkat.

Nah, setelah mendapatkan mitra, Anda harus pertimbangkan untuk membuat suatu tim terpisah yang bertugas mengelola regional dalam hal distribusi, logistik, perpajakan, keuangan dan hal pengelolaan bisnis lainnya.

Bangun Strategi GTM (Go-to-Market) yang Kuat

Strategi GTM ini dibuat agar bisnis Anda bisa lebih fokus pada pengiriman produk kepada pelanggan akhir.

Jika Anda ingin membuat strategi GTM yang unggul, Anda harus menetapkan target pasar terlebih dahulu, setelahnya lakukan penelitian tentang ukuran pasar, potensi perubahan dan dinamika internal.

Baca Juga: 3 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan oleh Pebisnis

Setelah hal-hal di atas Anda lakukan, mulailah untuk menganalisis pelanggan-pelanggan potensian serta strategi pelayanan yang baik bagi mereka.

Dengan begitu, Anda bisa membuat strategi tepat yang fokus dengan USP atau Unique Selling Point bisnis Anda dan membangun brand kepada target market.

Teliti dengan Peraturan Hukum

Cara ekspansi bisnis ke luar negeri selanjutnya, Anda harus teliti dan memeriksa bagaimana peraturan dan hukum bisnis yang ada di negara tujuan.

Bukan tidak mungkin, nantinya Anda akan menghadapi tantangan dari peraturan hukum yang unik saat berekspansi ke negara lain.

Tentu saja, hal ini tak mungkin untuk diabaikan karena bisnis Anda harus mengikuti aturan kerja dari peraturan hukum di negara tujuan.

Baca Juga: Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan

Anda harus benar-benar menangani aspek-aspek penting, seperti undang-undang ketenagakerjaan yang berlalu, prosedur bisnis, praktik organisasi, sengketa, merek dagang, bea cukai dan lainnya.

Hal ini mungkin sangat kompleks dilakukan, dan biasanya akan ada banyak ahli-ahli yang bisa membantu Anda untuk melakukannya.

Carilah panduan ahli hukum yang berpengalaman dalam melakukan bidang bisnis di industri asing yang bertindak sebagai penghalang bisnis Anda.

Dari berbagai cara ekspansi bisnis ke luar negeri di atas, Anda sudah melakukan sampai dengan langkah yang mana?

Melakukan ekspansi bisnis selain memerlukan tenaga ekstra karena banyak prosedur yang harus Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga harus memiliki modal yang cukup banyak, karena untuk melakukan prosedur tersebut tentu saja perlu biaya seperti jasa ahli atau pengurusan hukum.

Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa stok produk aman, agar proses pendistribusiannya berjalan lancar.

Cari Jasa SEO atau pembuatan website?
Silahkan Anda hubungi kami:

 

Jasa-Pembuatan-Website-Solo
Jasa-Pembuatan-Website-Solo

 


Jasa Optimasi SEO Solo

Jasa SEO Solo, Jasa Pembuatan Website Solo, Buat Website Solo, Pembuatan Toko Online Solo, Toko Online Solo, Desain Web Solo, Desain Grafis Solo, Pembuatan Online Shops Solo, Desain Solo, Web Solo, Website Solo, Pelatihan Website Solo, Kursus Web Solo, Kursus SEO Solo

Solo Desain merupakan layanan jasa di bidang jasa desain website dan pembuatan toko online di Solo dengan fitur modern, gratis domain, hosting cepat, responsive, support SEO. Kami juga melayani jasa optimasi website / jasa seo untuk meletakan website di halaman depan google.

Jasa Pembuatan Website

Solo Desain merupakan penyedia jasa pembuatan website terbaik di kota Solo (Surakarta), Jawa Tengah. Kami melayani jasa desain website, jasa web developer, jasa buat toko online, jasa pembuatan website pemerintahan, jasa pembuatan website portal berita, jasa pembuatan website sekolahjasa pembuatan website hotel, jasa pembuatan website rumah makan, jasa pembuatan website properti, jasa pembuatan website wisata, jasa optimasi SEO dll. GRATIS DOMAIN dan HOSTING.

Kursus Pembuatan Website

Solo Desain adalah pusat tempat Kursus Website, web designSEO, optinasi website, sosial media marketing dll. Kursus web design dan optimasi website di Solo Desain Anda akan mampu membuat dan mendesign website profesional. Telah banyak lulusan Solo Desain yang web design nya bagus dan profesional.

Related Post