J A S A P E M B U A T A N W E B S O L O

Komunikasi Antar Pihak Dalam Pembuatan Website di Solo Desain sebagai berikut,

Prosedur

  1. Komunikasi terkait proses negosiasi dan kesepakatan harga antara Solo Desain dengan klien, melalui dari Account Manager. Jalur komunikasi dapat berupa nomor WhatsApp dari Account Manager, Panggilan Telepon, dan juga email support@solodesain.co.id
  2. Komunikasi terkait teknis pengerjaan website, revisi, dan maintenance, dikomunikasi melalui email saja pada alamat hello@solodesain.co.id

Jadwal Kerja

  • Jam buka untuk call telepon Solo Desain ada di jam 09:00-16:00 WIB setiap hari Senin s/d Jum’at. Tanggal merah dan jadwal cuti bersama libur.
  • Pengerjaan website dilaksanakan sesuai hari kerja yaitu hari Senin s/d Jum’at dari jam 08:00-17:00 WIB. Untuk hari sabtu-minggu dan tanggal merah libur sehingga proses pembuatan dan konsultasi akan dilakukan esok hari.
  • Klien tetap dapat menghubungi Solo Desain diluar jam kerja Senin s/d Jum’at jam 08:00-17:00 WIB melalui chat ataupun email dengan batas toleransi sewajarnya. Mohon diperhatikan bahwa Solo Desain tidak memprioritaskan komunikasi di luar jam kerja, terutama tanggal merah libur.

Etika

  • Solo Desain berhak untuk membatalkan perjanjian kerjasama jika terdapat komunikasi yang tidak sepantasnya diucapkan seperti cacian terhadap karyawan, hinaan berbau rasis, dan segala bentuk ucapan tidak terpuji.
  • Solo Desain berhak memutuskan panggilan telepon jika klien menggunakan kata-kata yang tidak pantas dan menyalahi prosedur tata cara telepon berdasarkan etika baik.
  • Pembicaraan atau request diluar dari proses pengerjaan website juga menjadi pertimbangan kami untuk membatalkan perjanjian kerjasama secara sepihak.

Pengerjaan Website

  • Proses Pengerjaan Website akan kami mulai setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dari klien.
  • Solo Desain akan memproses pembuatan website apabila dokumen persiapan yang dikirim lewat email sudah diisi oleh client. Durasi pembuatannya akan berlangsung dengan estimasi 15-30 kerja hari terhitung dari klien saat mengirimkan dokumen persiapan website.
  • Jika dokumen persiapan website tidak lengkap atau tidak diisi sama sekali maka proses pembuatan website akan ditunda hingga klien mengisi dokumen persiapan tersebut. Solo Desain akan mengkonfirmasi ulang jika dokumen persiapan tidak lengkap melalui email atau melalui whatsapp.
  • Semua file atau Gambar harus sudah diedit oleh klien, sehingga kami tidak perlu lagi mengerjakan cropping atau membersihkan latar gambar / foto, jika kami menerima file / gambar yang perlu diedit kami akan memberitahukan klien untuk mengirim ulang file yang sudah di edit, klien akan dikenakan biaya tambahan jika kami mengedit file / gambar yang dikirim dan biaya tambahan akan kami tagih setelah website sudah selesai kami kerjakan / online.
  • Kami berhak menentukan deadline atau batas waktu penyelesaian website yang masuk. Jika klien membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih cepat dari estimasi yang kami tentukan, Anda bisa menghubungi kami untuk membicarakan hal tersebut dan kita dapat membicarakan mengenai biaya tambahan untuk layanan kilat tersebut. Dalam hal ini, kami bisa mengusahakan agar website Anda siap dalam waktu yang singkat.
  • Solo Desain berhak untuk mempercepat proses pengerjaan website klien yang jika dalam kurun waktu 1, 3, dan 6 bulan lebih, klien tidak memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai websitenya. Proyek website yang “mangkrak” seperti yang dijelaskan pada poin di atas, akan diselesaikan Solo Desain tanpa menunggu instruksi dari klien dan kesempatan revisi akan hangus.
  • Jika klien sudah mendapatkan notifikasi dari Solo Desain dan bersedia ingin meneruskan proyeknya, maka dokumen dan konten-konten kelengkapan beserta instruksinya dikirimkan maksimal seminggu sebelum tanggal deadline online.
  • Jika klien sudah mendapatkan notifikasi namun tidak segera membalas atau memberikan kejelasan konfirmasi websitenya, maka Solo Desain berhak untuk segera menyelesaikan proyek tanpa harus menunggu instruksi lebih lanjut dari klien.
  • Untuk maksimal produk yang akan ditambahkan oleh Tim Produksi Solo Desain hanya 30 produk. Untuk kebutuhan 30 produk atau lebih akan diberikan tutorial editing produk.

 

Revisi

  1. Klien akan diberikan kesempatan revisi sesuai dengan paket yang dipilih.
  2. Untuk pengiriman revisi website, diharapkan dalam waktu yang bersamaan dan tidak terpisah-pisah. Contohnya dalam bentuk 1 file doc atau pdf yang berisi rincian revisinya.
  3. Tim Produksi Solo Desain sudah menyediakan dokumen untuk revisi, klien bisa mengikuti dokumen yang sudah disediakan.
  4. Revisi yang dikerjakan hanya revisi minor seperti perubahan gambar, text, warna, dan susunan layout.
  5. Revisi untuk merubahan tampilan layout atau sistem website secara keseluruhan akan dikenakan biaya sesuai dengan lama waktu, tingkat kesulitan dari revisi tersebut.
  6. Kami akan mengirimkan informasi saat pengerjaan website dan revisi telah diselesaikan. Jika dalam kurun waktu 2 minggu tidak ada respon maka kami akan segera mengonlinekan website tersebut tanpa persetujuan client.
  7. Jika klien ingin melakukan revisi setelah website online maka akan dikenakan biaya tambahan. Silakan menghubungi tim marketing Solo Desain untuk lebih detail.
  8. Revisi yang mengubah rencana desain, layout, konten, dan perubahan terkait website dengan presentase lebih dari 90% akan dihitung sebagai request desain baru dan akan dikenakan biaya tambahan. Sehingga diharapkan klien dapat menentukan secara pasti terkait rencana pembuatan website sejak awal kontrak.

 

tempat pembuatan website
tempat pembuatan website

Maintenance

  1. Kami menyediakan layanan Free Maintenance selama 1 jam/bulan. Untuk waktu pengerjaan maintenance website akan diinformasikan oleh Tim Produksi Solo Desain setelah kami mendapatkan materi maintenance yang Anda kirimkan terlebih dahulu.
  2. Waktu maintenance yang tidak terpakai tidak dapat ditransfer ke periode berikutnya. Anda tetap akan mendapatkan waktu maintenance pada periode selanjutnya sesuai paket yang dipilih.
  3. Maintenance yang kami lakukan hanya sebatas pada perubahan konten dan gambar (perubahan minor) pada website.
  4. Klien yang menggunakan domain & hosting di luar Niagahoster tidak akan mendapatkan layanan free maintenance. Jika ada maintenance, akan dikenakan biaya sesuai dengan kebutuhan maintenance yang dilakukan.
  5. Hal yang sama berlaku jika klien mengelola Hosting & Domain secara mandiri di Niagahoster, maka perubahan akan dikenakan biaya.
  6. Jika website dalam proses maintenance tidak bisa diperbaiki maka kami akan melakukan restore berdasarkan tanggal backup terakhir pada hosting, atau saat pertama kali website online.
  7. Layanan Free Maintenance hanya berlaku kepada klien dengan hosting yang dikelola oleh Solo Desain dan status hosting tersebut masih aktif. Untuk Hosting yang masa aktifnya sudah habis maka akan dikenakan biaya perpanjangan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan Free Maintenance.

 

Asset dan Desain

  1. Untuk design website hanya mengikuti dari layout/contoh website yg Solo Desain berikan.
  2. Untuk custom design website, akan membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama, karena harus merubah secara total tampilan website.
  3. Permintaan custom design pada halaman website, akan dikenakan biaya tambahan karena desain tidak mengikuti layout utama dari website yang dikerjakan oleh Solo Desain.
  4. Solo Desain tidak menyediakan jasa desain asset yang dikirimkan oleh klien, sehingga diharapkan klien bisa mengirimkan asset dan desain yang siap digunakan di website.
  5. Solo Desain tidak melakukan editing dan maintenance untuk website yang sudah diganti oleh pihak klien sendiri, ketika website sudah dalam status online.
  6. Solo Desain dapat melakukan restore tampilan dan desain awal ke website klien, namun akan dikenakan biaya maintenance per jam pengerjaan.
Jasa Pembuatan website
Jasa Pembuatan website

Upgrade Hosting dan Perpanjangan

  • Solo Desain menggunakan layanan Hosting dari Niagahoster, sehingga kebijakan upgrade Hosting mengikuti dari Syarat & Ketentuan dari Niagahoster
  • Jika klien ingin menggunakan Paket Hosting dari Niagahoster secara terpisah, hal itu diperkenankan dan klien wajib menginformasikan kepada Solo Desain sebelum pengerjaan website dilaksanakan.
  • Jika klien ingin menggunakan Hosting dengan spesifikasi lebih tinggi, namun tidak ingin memesan Hosting secara terpisah maka klien cukup melakukan pemesan melalui dari Solo Desain dengan catatan Upgrade

Spesifikasi Hosting.

  1. Jika klien ingin melakukan Upgrade ketika Website sudah aktif, maka Upgrade tetap bisa dilakukan dan mengikuti dari kebijakan dari Niagahoster.
  2. Biaya tambahan untuk Hosting dengan upgrade yang lebih tinggi akan dibebankan ketika tagihan masa perpanjangan dikirimkan.
  3. Perihal teknis lain dan biaya dari Hosting menggunakan kebijakan yang ditentukan oleh Solo Desain dan Niagahoster.

Pembayaran dan Pengembalian Dana (Refund)

  1. Klien akan membayar jasa pembuatan web di Solo Desain berdasarkan order yang sudah dilakukan.
  2. Klien wajib memberikan konfirmasi atas pembayaran yang sudah dilakukan untuk segera diproses pembuatan website.
  3. Setelah masa berlangganan berakhir, website klien secara otomatis tidak dapat diakses. Untuk dapat diakses kembali, klien wajib untuk melakukan perpanjangan.
  4. Solo Desain berhak menghentikan layanan jika klien terhitung 30 (tiga puluh) hari sejak berakhirnya layanan tidak melakukan perpanjangan dan berhak menghapus data kepemilikan klien.
  5. Proses pengembalian dana akan kami lakukan jika kebutuhan website klien berbeda dengan kesepakatan awal atau proyek website tidak bisa kami kerjakan.
  6. Refund tidak berlaku jika status website sudah jadi/online/publish.
  7. Refund tidak berlaku jika status project sudah berjalan lebih dari 40 hari setelah pembayaran.
  8. Refund tidak berlaku bagi klien yang melakukan pelanggaran pidana, baik masih dalam status terduga atau tersangka.
  9. Jika klien meminta refund ketika dummy website sudah jadi, namun hanya karena tidak ingin melanjutkan proyek website baik itu karena desain yang tidak cocok atau kondisi internal klien, maka refund hanya berlaku 50%.
  10. Mengikuti juga ketentuan 30 hari setelah pembayaran seperti pada ayat sebelumnya.
  11. Refund akan membatalkan perjanjian kerjasama yang berlaku, sehingga jika klien di kemudian hari ingin melanjutkan proyek dengan Solo Desain kembali, maka akan berlaku perjanjian baru yang dimana harga paket mengikuti harga yang terbaru, dan urutan antrian akan dimulai ke antrian baru.

Kerahasiaan Informasi

  1. Solo Desain tidak akan menggunakan data pribadi dari klien untuk kepentingan pribadi maupun pihak-pihak selain atas persetujuan klien.
  2. Jalur komunikasi antara klien dengan Solo Desain disepakati bersama, terutama atas dasar kesediaan klien memberikan informasi seperti kontak, nama, dan alamat email.
  3. Jika ada pihak yang meminta data pribadi dari klien dan mengaku dari Solo Desain, klien berhak untuk memastikan permintaan dari Solo Desain, memang berasal dari pihak Solo Desain dan bukan pihak lain.
  4. Segala bentuk permasalahan dan bilamana terjadi miskomunikasi terkait kerahasiaan informasi, akan diselesaikan terlebih dahulu melalui musyawarah mufakat.

Backup dan Kehilangan Data

  • Kami tidak bertanggung jawab atas file yang hilang dan atau rusak yang mungkin terjadi (seperti sistem crash, pelanggaran keamanan, atau kegagalan hard disk dan sistem).
  • Back Up Data akan kami lakukan tertanggal saat website dipublish dan serah terima akses website kepada klien.
  • Jika klien memutuskan untuk mengelola website secara pribadi menggunakan hosting yang dibeli diluar di layanan Solo Desain, maka Solo Desain membantu melakukan backup website yang ada di Hosting Solo Desain.
  • Namun untuk pengelolaan selanjutnya akan dikenakan biaya setiap kali klien meminta bantuan kepada Solo Desain untuk mengubah atau mengedit websitenya.
  • Jika klien tidak segera memperpanjang layanan website (termasuk hosting dan domain) di Solo Desain melewati tanggal yang ditentukan, maka Solo Desain tidak membantu dalam melakukan backup data website sebelum tagihan dibayarkan.
  • Terkait domain yang sudah melewati masa expired dan memasuki masa redemption period, maka Solo Desain dapat membantuk klien terkait (hanya jika klien meminta) pengurusan perpanjangan namun tidak menjadi prioritas maupun tanggung jawab kami.
  • Jika klien ingin mengubah tampilan dari Website kembali kepada tampilan versi tertentu, pastikan klien tidak melakukan perubahan yang sifatnya signifikan dan data baik itu asset, desain, content, dan data lain dari versi sebelumnya masih ada. Sebab, jika tidak demikian maka akan terhitung sebagai pembuatan desain website baru dan akan dikenakan biaya.
  • Solo Desain tidak bertanggung jawab untuk mencarikan backup data yang dihilangkan secara sepihak oleh klien.

Related Post

Leave a Comment