Jasa layanan yang di berikan Solo Desain meliputi Web DesignWeb Design|Internet Marketing|Sosial Media Marketing|Optimasi Website|Kursus dan Pelatihan.

Kami merupakan salah satu perusahaan IT di Indonesia yang berada di kota Solo. Team kami siap membantu perusahaan-perusahaan / para pebisnis dan pelaku usaha UMKM untuk GO ONLINE.

E-COMMERCE SOLUTIONS

Nullam id sodales lacus. Nam cursus urna nec imperdiet suscipit. Duis nec odio nibh. Mauris ultricies, velit sit amet semper aliquam.

shadow

GLOBAL HOSTING LOCATIONS

Aenean a molestie magna, ac tincidunt elit. Duis turpis libero, facilisis venenatis elementum sed. Nullam felis ante, faucibus at turpis non.

Learn More
shadow

CONTENT ANALYTICS

Nullam id sodales lacus. Nam cursus urna nec imperdiet suscipit. Duis nec odio nibh. Mauris ultricies, velit sit amet semper aliquam.

shadow

MOBILE READY

Aenean a molestie magna, ac tincidunt elit. Duis turpis libero, facilisis venenatis elementum sed. Nullam felis ante, faucibus at turpis non.

Learn More
shadow

Apa Manfaat Website ?
Manfaat Website Untuk UKM, Usaha Kecil Menengah. Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah dari sebagian peserta pelatihan internet yang saya tanya, kebanyakanmasih belum dirasa maksimal. Sebagian besar masih nyaman dengan melakukan pemasaran secara offline atau bertemu langsung dengan konsumen mereka. Beberapa lagi masih enggan menggunakan internet lantaran asumsi mereka internet membutuhkan biaya yang mahal, apalagi dengan membangun website untuk memasarkan produk mereka.

Sebetulnya, pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah itu tidak terlalu sulit, asalkan ada kemauan, seseorang pasti akan bisa. Seseorang bisa karena terbiasa. Kata-kata itu sering saya lontarkan, paling tidak untuk memotivasi teman-teman UKM untuk memulai mengonlinekan bisnis mereka di internet. Entah mereka yang memang mempunyai produk yang akan dipasarkan di internet ataupun mereka yang mempunyai bidang jasa tetapi sulit untuk memasarkan jasa mereka di internet.

Perkembangan internet semakin bertambah. Dengan internet, berbagai kegiatan dapat dilakukan, antara lain kegiatan e-marketing, social network, chatting, membaca berita, bertukar informasi, dan masih banyak lagi. Dengan meningkatnya pengguna internet setiap harinya, para pelaku bisnis UKM dapat memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan sebagai salah satu strategi dalam memasarkan bisnisnya. Para pelaku bisnis UKM dapat memanfaatkan internet untuk keperluan komunikasi dengan berbagai pihak, baik di lingkup nasional bahkan internasional sekalipun.

Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah untuk pelaku bisnis UKM memang bukan satu-satunya cara untuk memperbaiki dan meningkatkan produk atau jasa yang dihasilkan, namun pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah yang dilakukan oleh para pelaku bisnis UKM dapat memberikan nilai positif terhadap peningkatan kerja karena banyaknya keuntungan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan terknologi internet tersebut. Kemajuan internet dan teknologi dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran produk dan jasa bagi para pelaku bisnis UKM. Dengan pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada para pelaku bisnis UKM untuk mulai memanfaatkan penggunaan internet dalam mendukung kegiatan operasional bisnis mereka.
Beberapa hal yang melatarbelakangi pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah diantaranya adalah:

1. Dapat membantu peningkatan aktivitas bisnis produk dan jasa
2. Dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran online
3. Interaksi dengan internet jelas dan mudah dimengerti
4. Pengguna dapat menguasai dan menggunakan internet dalam waktu yang relatif singkat
5. Dapat membantu mencari sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan
6. Dapat memudahkan dalam pencarian informasi lebih cepat
7. Peningkatan jumlah rekan bisnis/mitra yang dimiliki oleh UKM setelah menggunakan internet
8. Peningkatan jumlah pesanan yang diterima setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
9. Peningkatan jumlah produksi setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
10. Peningkatan pendapatan (omzet) yang diperoleh UKM setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
11. Peningkatan profit yang diperoleh UKM setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
12. Peningkatan skala bisnis yang dialami UKM setelah menggunakan internet

Keuntungan yang lain dari pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah:

Memperpendek jarak
Para pelaku UKM dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumen dengan cara menampilkanproduk atau jasa secara online dengan e-commerce, konsumen dapat melihat dimanapun mereka berada.
Memperluas pasar
Dengan pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah, para pelaku UKM dapat melakukan pemasaran yang semakin luas dan tidak terbatas dimanapun meraka berada.
Memperluas jaringan mitra bisnis
Dalam aktivitas perdagangan tradisional atau mungkin bisa dikatakan perdagangan secara konvensional, dimana penjual bertemu langsung dengan pembeli, berarti usaha jual beli tersebut dilakukan dalam lingkup yang sempit, artinya jual beli tersebut tidak akan berkembang secara lebih luas. Bagaimanapun juga, dalam pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah ini, bisa dipastikan mitra kerja sangatlah penting untuk bekerjasama baik teknis maupun non-teknis. Dengan adanya perdagangan elektronik lewat jaringan internet, tentunya akan sangat berdampak untuk meluasnya usaha jual beli secara mendunia.
Efisiensi
Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah akan sangat memangkas biaya operasional. UKM yang berdagang secara eletronik tidak membutuhkan kantor dan toko yang besar, menghemat kertas yang digunakan untuk transaksi, periklanan, serta pencatatan. Selain itu, perdagangan elektronik juga sangat efisien dari sudut waktu yang digunakan. Pencarian informasi produk dan transaksi dapat dilakukan lebih cepat dan akurat.

Jasa Desain Grafis dan Branding, Media Pemasaran

Pada era visual marketing seperti saat ini, perusahaan-perusahaan baik kecil maupun besar dituntut untuk lebih kreatif khususnya dalam menyampaikan pesan perusahaan kepada para pelanggannya. Dengan adanya kemudahan di era teknologi seperti saat, penyampaian pesan perusahaan dapat berupa banner kreatif (creative) pada media sosial, video, atau iklan yang berbentuk desain grafis secara digital.

Pentingnya membuat desain-desain kreatif dan kesinambungannya dalam posting pada media sosial memberikan nilai tambah tersebut terhadap pelanggan perusahaan. Dengan adanya update yang terbaru dari kabar perusahaan terkini kepada para pelanggannya, tentunya sang pelanggan juga akan menjadi semakin terlibat dalam progress kerja perusahaan dari waktu ke waktu. Dari sanalah sedikit demi sedikit akan terbentuk rasa saling memiliki antara pelanggan dengan perusahaan.

Pentingnya desain grafis (graphic design) untuk salah satu media promosi perusahaan itu tidak terelakkan lagi. Namun terdapat berbagai pertimbangan untuk mempekerjakan desainer khusus yang bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas desain pada perusahaan, biasanya karena faktor efisiensi dan ekonomi yang umumnya merupakan pertimbangan yang krusial bagi perusahaan kecil dan menengah. Terlebih jika cakupan bisnis perusahaan tersebut tidak terkait dengan hal-hal yang berbau kreatif. Oleh sebab itu, menggunakan jasa desain grafis mungkin bisa menjadi alternatif yang baik bagi perusahaan.

Pentingnya Branding untuk Pemasaran

Ketika Anda memutuskan untuk menngunakan desain untuk keperluan perusahaan, akan lebih baik untuk menggunakan jasa dari branding agency yang menawarkan full service dalam pembuatan kebutuhan desain perusahaan Anda. Sebenarnya banyak creative agency kecil yang bisa Anda manfaatkan jasanya khususnya untuk mencari dengan budget yang lebih murah. Saat ini banyak sekali graphic design agency yang merupakan perusahaan rintisan baru yang banyak dilakoni oleh anak-anak dengan latar belakang desain dan komunikasi visual. Tidak hanya sebatas membuat desain untuk perusahaan Anda, namun mereka juga menawarkan brand consultant yang bisa menambah nilai plus jika tujuan Anda sekaligus melakukan positioning terhadap brand yang Anda miliki.

Jika bisnis Anda sudah semakin berkembang, Anda akan perlu untuk mengembangkan nilai dari brand yang Anda miliki. Untuk hal ini, akan diperlukan jasa desain setaraf corporate untuk menghasilkan desain yang cocok untuk brand Anda. Satu nuansa warna yang konsisten terhadap suatu produk memberikan ciri khas tersendiri yang membuat produk tersebut lebih mudah untuk diingat oleh pelanggan. Oleh sebab itu diperlukan desain yang benar-benar paten dan tidak akan banyak perubahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Membuat sebuah desain yang akhirnya membuat produk Anda mudah untuk diingat oleh banyak orang itu tidak mudah. Dengan mengamati banyaknya persaingan dan desain yang produk yang keren di luar sana, Anda harus bisa pintar-pintar membuat desain yang memang unik yang bisa dengan mudah dikenali oleh orang pada saat mereka memandang pada pandangan pertamanya. Hal ini dapat dimulai dengan pembuatan grafis perusahaan, yang nantinya menjadi patokan dalam membuat desain-desain lain yang Anda butuhkan. Misalnya, untuk packaging, kartu nama, kop, dll. Grafis seperti logo berfungsi sebagai identitas perusahaan. Dengan identitas yang baik perusahaan akan lebih mudah dikenali dan lebih mudah untuk mendapatkan reputasi pada promosi produk berikutnya. Dengan terciptanya reputasi yang baik, pelanggan akan cenderung lebih mudah untuk mengenali dan menerima produk-produk baru yang dipromosikan oleh perusahaan di kesempatan-kesempatan selanjutnya.

Contoh penerapan branding yang mudah kita temui adalah pada grup Aqua. Mereka mengeluarkan brand air kemasan baru untuk memperluas bisnisnya dengan merek Vit. Dikarenakan perusahaan air minum dengan merek Aqua sudah memiliki brand image yang bagus di mata konsumen, maka dengan tidak sulit pemasaran brand dengan merek Vit dapat melaju dengan cepat, karena adanya asosiasi masyarakat kepada branding Aqua ketika melihat Vit.

Karena sangat besarnya pengaruh suatu grafis dan branding untuk perusahaan, maka pembuatannyapun tak boleh dilakukan dengan asal. Perusahaan besar akan membutuhkan jasa branding consultant untuk memilih yang tepat. Sebagai contoh, beberapa waktu lampau kita pernah mendengar sengketa grafis antara starbuck dengan pecel lele lela. Mengapa dapat terjadi sengketa yang demikian? Karena adanya kemiripan dalam identitas yang menyebakan orang-orang akan kebingungan dalam mengasosiasikan grafis tersebut. Selain itu, grafis dan branding juga terkait dengan brand dan hak paten seperti pada kasus yang baru-baru ini menggemparkan mengenai brand sariwangi yang telah dibeli oleh unilever. Ternyata perusahaan yang membuat brand sariwangi pertama kali telah jatuh pailit. Dari kasus tersebut banyak sekali yang mengulas mengenai pentingnya brand dan pemilihan jasa branding yang tepat dalam usaha seseorang. Meski perusahaannya telah bangkrut, tapi ternyata brandnya masih bisa hidup. Poin pentingnya disini adalah nilai dari sebuah brand itu bisa lebih mahal ketimbang dari nilai aset berwujud perusahaan. Jika pada kasus demikian mengenai brand sariwangi misalnya, betapa tidak miris bahwa brand dengan posisi yang teratas dalam benak pelanggan ternyata perusahaan sebenarnya telah bangkrut.

Sebagai contoh pentingnya suatu brand, mungkin akan lebih tepat ketika kita membahas salah satu brand yang sangat bernilai di dunia, yakni Apple. Brand ini menempati posisi nomor 1 sebagai brand termahal yang ada di dunia. Bahkan banyak juga yang mengulas mengenai nilai brandnya yang fantastis. Padahal, jika diamati tidak ditemukan aset fisik disana. Nilai aset berputar pada nilai non fisik seperti tingkat kepercayaan pelanggan, valuasi pasar, dan lainnya. Menakjubkan, kan?

Dari contoh-contoh tersebut, dapat disimpulkan mengenai pentingnya pembuatan suatu brand perusahaan, meski perusahaan tersebut baru berdiri. Barangkali di kemudian hari brand yang Anda buat bisa menjadi salah satu brand yang paling bernilai di negara Anda atau bahkan di dunia. Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam untuk membuat desain logo untuk brand Anda, sudah banyak ditemukan jasa desain grafis murah yang terdapat di internet. Jasa ini terkadang tergabung dalam paket desain grafis murah bersama desain-desain lainnya, yang dapat Anda buat secara custom. Para penyedia desain grafis online ini berlomba-lomba memberikan hasil yang terbaik untuk bersaing di pasar global, dengan harga dan kualitas yang juga bersaing erat.

Solo Desain Sebagai Penyedia Jasa Desain Grafis

Dari berbagai macam hal mengenai desain grafis yang sudah disampaikan pada awal pengantar artikel ini, Solo Desain merupakan salah satu creative agency yang bergerak pada graphic design, brand consultant, pembuatan desain grafis hingga pembuatan desain grafis lainnya yang bersifat custom. Ada banyak sekali desain grafis murah di luar sana, namun Anda harus berhati-hati, terkadang harga juga mencerminkan kualitas. Alangkah lebih baiknya membeli jasa dan produk berkualitas yang baik meskipun kita harus merogoh kocek sedikit lebih banyak. Bukan merupakan suatu hal yang aneh pula mengingat peribahasa “ada harga, ada rupa”. Kualitas yang baik tentu bersanding dengan harga yang layak.

Bagi Anda pebisnis muda yang sedang menggeluti start-up, Solo Desain berupaya untuk membantu Anda yang membutuhkan creative agency, branding agency, branding consultant,maupun graphic design agency yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang Anda geluti saat ini. Kami berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik yang sesuai bahkan melebihi ekspektasi Anda, serta berharap dapat membangun hubungan jangka panjang dengan klien-klien yang telah menggunakan desain kami. Dengan tim yang tersebar di Bandung dan Solo, Indonesia, kami siap melayani pembuatan berbagai macam desain kreatif untuk Anda.

× Butuh Info Silahkan Chat WA