Biaya Iklan Google Adwords & Cara Pemesanan Iklan Google Adwords

google adsword

Biaya Iklan Google Adwords & Cara Pemesanan Iklan Google Adwords

Biaya Iklan Google Adwords & Cara Pemesanan Iklan Google Adwords, Kembangkan bisnis Anda dengan Google Ads. Tampilkan bisnis Anda kepada pelanggan saat mereka menelusuri bisnis seperti milik Anda di Google Penelusuran dan Maps. Bayar sesuai hasil, seperti klik ke situs Anda atau panggilan telepon ke bisnis Anda.

Tampil saat orang menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan

Google adalah tempat orang menelusuri aktivitas yang akan dilakukan, tempat yang akan dituju, dan apa yang harus dibeli. Iklan Anda dapat tampil di Google tepat pada saat orang menelusuri produk atau layanan seperti milik Anda.

Apakah menggunakan desktop atau seluler, iklan di waktu yang tepat dapat mengubah orang menjadi pelanggan yang berharga.

 

Dapatkan hasil yang penting bagi Anda dengan Iklan Google Adwords

Dorong kunjungan situs

Tingkatkan penjualan online, pemesanan, atau pendaftaran milis dengan iklan online yang mengarahkan orang ke situs Anda.

Dapatkan lebih banyak panggilan telepon

Tingkatkan panggilan telepon pelanggan dengan iklan yang menampilkan nomor telepon dan tombol klik untuk menelepon.

Tingkatkan kunjungan toko

Dapatkan lebih banyak kunjungan pelanggan dengan iklan bisnis yang membantu orang menemukan perusahaan Anda di peta.

Tetapkan anggaran iklan Google Adwords yang sesuai untuk bisnis Anda

Google Ads dapat dijalankan dengan hampir semua anggaran iklan. Tetapkan batas anggaran bulanan, dan anggaran itu tidak akan pernah dilampaui. Selain itu, Anda dapat menjeda atau menyesuaikan pembelanjaan kapan saja.

Cara Kerja Iklan Google Adwords

Buat iklan pertama Anda hanya dalam beberapa langkah
Google Ads memudahkan dalam menampilkan keunikan bisnis Anda kepada publik, sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan yang menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan.

 

Langkah 1 Cara Kerja Iklan Google Adsword

Beri tahu kami sasaran Anda

Kami akan menyesuaikan iklan berdasarkan hasil yang Anda inginkan. Dan, apa pun sasaran iklan yang Anda pilih, Google Ads dapat membantu Anda di seluruh platform:

  • Mendapatkan lebih banyak panggilan telepon ke bisnis Anda
  • Meningkatkan kunjungan ke toko Anda
  • Mendorong orang ke situs Anda
  • Menghubungi bisnis Anda
  • Mengunjungi toko atau kantor Anda
  • Lakukan tindakan di situs Anda

Sasaran Iklan Google Adsword Anda

  1. Pilih panggilan telepon agar pelanggan menelepon untuk memesan temu janji, menjadwalkan pekerjaan, atau menyelesaikan transaksi.
  2. Pilih kunjungan toko jika Anda memiliki lokasi fisik yang bergantung pada kunjungan pelanggan.
  3. Pilih lakukan tindakan di situs jika Anda ingin pelanggan berbelanja di toko online Anda, mendaftar milis, atau mengisi formulir.

 

Langkah 2 Cara Kerja Iklan Google Adsword

Tentukan tempat untuk beriklan google adsword

Rambah pasar global, atau tetap di pasar lokal. Anda yang memutuskan tempat untuk menampilkan iklan, dan kami akan menampilkannya kepada orang yang tepat.

Jangkauan iklan Anda google adsword

Temukan audiens yang tepat agar iklan Anda memiliki performa yang bagus. Google Ads memungkinkan Anda memilih lokasi tempat iklan akan ditampilkan, termasuk dalam radius tertentu dari toko Anda atau menjangkau keseluruhan kawasan dan negara.

google adsword

google adsword

Langkah 3 Cara Kerja Iklan Google Adsword

Buat pesan Anda

Perjelas keunggulan bisnis Anda dalam 3 kalimat singkat untuk memicu antusias pelanggan. Atau buat iklan banner yang menarik dengan menambahkan gambar.

Pesan Iklan Google Adswors Anda

Google Ads memudahkan Anda untuk menulis teks iklan yang efektif atau menyertakan gambar. Dengan berbagai format iklan yang tersedia, kami akan membantu Anda menentukan formulasi iklan yang terbaik berdasarkan sasaran iklan dan tujuan pemasaran Anda.

 

Langkah 4 Cara Kerja Iklan Google Adsword

Tetapkan batas anggaran iklan google adsword Anda

Anda tidak akan pernah membayar lebih dari batas bulanan yang Anda tetapkan, dan dapat menyesuaikan atau menjeda anggaran kapan saja. Selain itu, kami akan menunjukkan estimasi hasil untuk anggaran Anda.

 

Anggaran iklan google adsword Anda

Dengan Google Ads, Anda memutuskan jumlah yang akan dibelanjakan, dan tidak pernah membayar lebih dari batas bulanan. Tidak ada pembelanjaan minimum, dan tidak diperlukan komitmen. Kami akan merekomendasikan anggaran berdasarkan bisnis yang serupa dengan milik Anda, beserta estimasi hasilnya. Sebagai besar iklan mulai menunjukkan hasil setelah sekitar sebulan berjalan.

 

 

Langkah 5 Cara Kerja Iklan Google Adsword

Tayangkan iklan

Kami akan menampilkan iklan Anda saat orang menelusuri produk atau layanan seperti milik Anda. Iklan Anda dapat muncul di Google Penelusuran dan Maps, serta di seluruh jaringan situs partner.

Anda akan membayar untuk hasil yang diperoleh, seperti saat orang mengklik iklan untuk menghubungi bisnis, mengunjungi situs, atau mendapatkan petunjuk arah ke toko Anda.

Tim Iklan Google Adsword Solo Desain akan membantu menyempurnakan iklan Anda dari waktu ke waktu

Kami tahu bahwa Anda ingin berfokus pada hal yang terpenting—menjalankan bisnis Anda. Jadi, teknologi pintar kami akan membantu menemukan jalan untuk menyempurnakan iklan Anda dan memberikan hasil yang lebih baik.

Selain itu, kami akan memberikan laporan, insight, dan tips aktual, sehingga Anda dapat melacak progres dan membuat iklan menjadi semakin sukses.

 

Mencari strategi periklanan google ads yang canggih?

Lihat semua jenis dan fitur kampanye untuk mempelajari bagaimana lebih memaksimalkan iklan Anda.

Pilih kata kunci yang tepat

Kata kunci yang tepat dapat membuat iklan Anda ditampilkan kepada pelanggan yang tepat, dan Keyword Planner Google Ads siap membantu Anda.

Cara kerja Keyword Planner

Dapatkan bantuan terkait riset kata kunci dan pemilihan istilah yang tepat.

Temukan kata kunci baru

Telusuri kata atau frasa yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Fitur riset kata kunci kami akan membantu Anda menemukan kata kunci yang paling relevan untuk bisnis Anda.

 

Riset kata kunci iklan google ads

Fitur riset kata kunci kami memberi Anda insight tentang seberapa sering kata tertentu ditelusuri dan bagaimana penelusuran tersebut berubah dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu Anda mempersempit daftar kata kunci hingga ke kata kunci yang benar-benar diinginkan.

 

Dapatkan estimasi bid iklan google adsword

Keyword Planner akan memberikan estimasi bid yang disarankan untuk setiap kata kunci, jadi Anda dapat menentukan anggaran iklan.

 

Buat rencana iklan google adsword

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat menambahkannya ke rencana periklanan. Simpan rencana Anda untuk referensi mendatang atau bagikan dengan tim bisnis Anda. Jika sudah siap, Anda dapat melakukan tahapan yang terakhir dan meluncurkan kampanye.

 

Buat perubahan iklan google adsword di seluruh kampanye dengan mudah

Google Ads Editor adalah aplikasi gratis yang dapat didownload, yang memungkinkan Anda bekerja secara offline dan membuat perubahan massal dengan cepat dan mudah.

Cara kerja Google Ads Editor

Lebih produktif dan efisien saat mengelola kampanye dengan fitur pembuat dan editor iklan.

Kami lakukan pekerjaan pada akun iklan google adsword secara offline

Fitur editor iklan kami memungkinkan Anda mendownload kampanye, sehingga dapat terus bekerja bahkan saat sedang offline.

Kami manfaatkan fitur pengeditan massal iklan google adsword

Buat perubahan dengan cepat pada semua akun sekaligus. Dengan Google Ads Editor, kami dapat menelusuri dan mengganti teks, memindahkan item, serta mengurungkan dan mengulangi perubahan di beberapa kampanye.

Tinjau perubahan iklan google adsword sebelum diposting

Hasil edit iklan google adsword di draf sebelum menerapkannya di seluruh kampanye. Selain itu, Anda dapat mengekspor dan mengimpor file, sehingga kolega Anda dapat meninjaunya dan mengusulkan perubahan.

Lihat statistik performa iklan google adsword

Lacak metrik kampanye yang penting, seperti informasi rasio klik-tayang (CTR), biaya, posisi, dan konversi.

 

Keyword Planner Iklan Google Adswors

Pilih kata kunci yang tepat

Kata kunci yang tepat dapat membuat iklan Anda ditampilkan kepada pelanggan yang tepat, dan Keyword Planner Google Ads siap membantu Anda.

Cara kerja Keyword Planner

Dapatkan bantuan terkait riset kata kunci dan pemilihan istilah yang tepat.

Temukan kata kunci baru

Telusuri kata atau frasa yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Fitur riset kata kunci kami akan membantu Anda menemukan kata kunci yang paling relevan untuk bisnis Anda.

 

Pertanyaan-Pertanyaan Tentang Google Adsword

FAQ

Ada pertanyaan tentang Google Ads? Anda dapat menemukan jawabannya di FAQ dan referensi periklanan.

Apa yang dimaksud dengan Google Ads?

Google Ads (sebelumnya Google AdWords dan Google AdWords Express) adalah solusi iklan online yang dapat digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk dan layanannya di Google Penelusuran, YouTube, dan situs lain di seluruh web. Google Ads juga memungkinkan pengiklan untuk memilih sasaran spesifik untuk iklannya, seperti mendorong panggilan telepon atau kunjungan situs. Dengan akun Google Ads, pengiklan dapat menyesuaikan anggaran dan penargetannya, dan memulai atau menghentikan iklan kapan saja.

Apa yang dimaksud dengan Google AdWords dan Google AdWords Express?

Google AdWords dan Google AdWords Express adalah nama sebelumnya untuk Google Ads yang baru dan lebih baik.

Bagaimana cara kerja Google Ads?

Google Ads bekerja dengan menampilkan iklan saat orang menelusuri secara online produk dan layanan yang Anda tawarkan. Dengan memanfaatkan teknologi pintar, Google Ads membantu iklan Anda ditampilkan kepada calon pelanggan pada saat mereka siap melakukan tindakan.

Anda mulai dengan memilih sasaran, seperti mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs atau lebih banyak panggilan telepon ke bisnis Anda.
Selanjutnya Anda memilih area geografis tempat iklan Anda akan ditampilkan. Radiusnya dapat dipilih di sekitar bisnis Anda atau jauh lebih luas, seperti kota, negara bagian, atau seluruh negara.
Terakhir, Anda akan membuat iklan dan menetapkan batas anggaran bulanan.

Setelah disetujui, iklan Anda dapat muncul setiap kali pengguna di area target menelusuri produk atau layanan seperti milik Anda. Anda hanya membayar saat pengguna berinteraksi dengan iklan, seperti mengklik iklan atau menghubungi bisnis Anda.

Jenis iklan atau kampanye apa saja yang ada di Google Ads?

Ada 3 jenis kampanye dasar di Google Ads:

  • Kampanye Search Network – biasanya berbentuk teks, iklan kampanye ini dapat tampil di halaman hasil Google Penelusuran saat seseorang menelusuri produk atau layanan yang serupa dengan milik Anda.
  • Kampanye Display Network – biasanya berbentuk gambar, iklan kampanye ini tampil di situs atau aplikasi yang dikunjungi pelanggan Anda.
  • Kampanye video – biasanya berupa video berdurasi 6 atau 15 detik, iklan kampanye ini ditampilkan tepat sebelum atau selama pemutaran konten YouTube.

Pelajari jenis kampanye lanjutan lainnya, termasuk kampanye Shopping, kampanye Aplikasi, dan masih banyak lagi

Apa yang dimaksud dengan periklanan CPC (Biaya Per Klik) atau PPC (Bayar Per Klik)?

CPC (Biaya Per Klik) atau PPC (Bayar Per Klik) berarti Anda hanya membayar iklan jika seseorang mengkliknya.

Model periklanan lainnya mencakup:

  • Biaya Per Tayangan, Anda membayar berdasarkan berapa kali iklan Anda ditampilkan (bukan diklik).
  • Biaya Per Engagement, Anda membayar saat pengguna menyelesaikan engagement yang telah ditentukan (seperti menonton iklan video Anda).

Berapa biaya Google Ads?

Biaya Google Ads ditentukan oleh setelan anggaran Anda. Google Ads dapat menerima hampir semua anggaran. Anda hanya dikenai biaya saat pengguna berinteraksi dengan iklan Anda, seperti mengklik untuk mengunjungi situs atau menghubungi bisnis Anda. Dengan Google Ads, tidak ada persyaratan pembelanjaan minimum, dan tidak ada persyaratan durasi kontrak—Anda dapat menghentikan iklan kapan saja. Biaya klik atau panggilan dapat bervariasi berdasarkan beberapa faktor

Bagaimana cara memulai beriklan di Google?

Untuk memulai Google Ads, klik di sini untuk mendaftar. Proses penyiapan terpandu kami akan memandu Anda membuat iklan pertama hanya dalam beberapa langkah. Jika Anda butuh bantuan untuk mendaftar, pakar Google Ads kami dapat menyiapkan akun baru Anda, dan bahkan membantu pembuatan kampanye pertama Anda, tanpa biaya tambahan.

 

Jenis Iklan Google Ads yang Harus Anda Ketahui!

Beriklan di Google merupakan salah satu strategi marketing yang harus Anda coba. Kenapa? Sebab, peluang iklan Anda dilihat oleh banyak orang jadi lebih besar. Menariknya lagi, ada beberapa jenis iklan Google Ads yang bisa Anda pilih yaitu:

  • Google Adwords (Google Ads)
  • Google Display Network
  • Google Shopping
  • YouTube Ads
  • Google AdMob

Masing-masing jenis iklan telah didesain untuk tujuan bisnis tertentu. Misalnya untuk meningkatkan penjualan (sales), website traffic, leads, product and brand consideration, app promotion, dan brand awareness.

Nah, bagaimana cara menggunakan iklan tersebut? Tak perlu bingung, kami punya panduan masing-masing jenis iklan Google Ads. Langsung saja simak uraiannya berikut ini!

Google AdWords (Google Ads)

Google Ads merupakan layanan iklan berbayar yang ditampilkan di halaman hasil pencarian Google. Dengan strategi search network campaign, iklan Anda akan muncul sesuai pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Ada beberapa keunggulan menggunakan jenis iklan ini. Pertama, iklan bisa dilihat oleh banyak orang. Kedua, Anda bisa menentukan target audience dengan lebih spesifik.
Jika tujuan iklan Anda untuk meningkatkan penjualan, trafik website, dan leads, jenis iklan Google Ads ini bisa Anda pakai. Apalagi, cara menggunakan Google Ads pun cukup mudah lho.

Google AdWords (Google Ads) Lengkap

Apa Itu Google AdWords?

Di artikel Search Engine Marketing, saya sudah membahas sekilas tentang Google AdWords. Google AdWords adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google. Dengan menggunakan Google AdWords, Anda bisa menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Berikut adalah contoh paid search atau hasil pencarian berbayar yang menggunakan Google AdWords.

Sebelum menjelaskan tentang cara menggunakan Google AdWords, ada satu informasi penting yang perlu Anda ketahui. Sejak 24 Juli 2018, Google mengubah nama platform iklan mereka dari Google AdWords menjadi Google Ads. Tapi tenang saja, secara garis besar cara menggunakan Google AdWords dan Google Ads sama.

 

Keuntungan Google Adwords

Google Menguasai Pangsa Pasar Search Engine

Dari banyaknya mesin pencari, mengapa Anda harus menggunakan Google AdWords? Sebab Google menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Google saat ini menguasai pangsa pasar mesin pencari secara global sebesar 92,74 persen, disusul oleh Yahoo (2,32 persen) dan Bing (2,17 persen).

Di Indonesia sendiri, penguasaan pangsa pasar mesin pencari oleh Google lebih besar, yaitu sebesar 97,09 persen. Yahoo dan Bing hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar masing-masing 1,66 persen dan 0,77 persen di Indonesia. Artinya iklan Anda kemungkinan besar akan dilihat lebih banyak orang jika menggunakan paid search dari Google.

Remarketing

Selain iklan berbayar di hasil pencarian, Google AdWords akan membantu Anda untuk mengiklankan bisnis Anda di website dan aplikasi partner Google. Jadi Google juga akan menampilkan iklan Anda kepada orang yang sudah membuka iklan Anda, tapi belum melakukan pembelian. Orang tersebut akan melihat iklan Anda di website dan aplikasi lain yang ia buka. Proses ini disebut sebagai remarketing yang fungsinya untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan.

Target Audience Lebih Spesifik

Target audience di Google AdWords bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bisnis Anda butuh jangkauan luas dari Sabang sampai Merauke? Jangkauan lokasi bisa Anda perluas di seluruh Indonesia. Bisnis Anda hanya membutuhkan jangkauan lokasi di kota atau provinsi tertentu? Anda bisa mempersempit jangkauan lokasi iklan sehingga target audience lebih spesifik.

Anda juga bisa mengatur iklan untuk tampil di perangkat apa saja. Orang-orang mengakses mesin pencari melalui berbagai perangkat, dari desktop, tablet, hingga smartphone. Anda bisa mengatur iklan Anda untuk tampil di ketiga perangkat sekaligus atau memilih beberapa di antaranya saja.

Selain mengatur jangkauan lokasi dan perangkat, Anda juga bisa mengatur waktu munculnya iklan. Jadi Anda bisa mengatur iklan Anda untuk tampil di hari apa saja dan dari jam berapa sampai jam berapa. Tentu fitur ini berguna bagi bisnis yang memiliki jam operasional terbatas. Misalnya, bisnis Anda hanya buka dari Senin sampai Jumat, dari pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore. Anda bisa mengatur iklan untuk tampil di hasil pencarian pada kurun waktu tersebut.

Biaya Minim

Mungkin dalam bayangan Anda memasang iklan di perusahaan besar seperti Google akan memakan biaya yang tidak sedikit. Padahal pada kenyataannya tidak. Anda bisa mengatur estimasi biaya Anda di angka yang minim sekalipun. Di percobaan yang saya lakukan dengan target lokasi seluruh Indonesia, estimasi biayanya adalah 300 ribu per bulan.

Itu baru estimasi. Biaya yang Anda keluarkan bisa lebih sedikit dari jumlah tersebut. Sebab Google menerapkan Pay Per Click atau PPC. Jadi Anda hanya membayar biaya iklan jika target audience membuka iklan Anda.

 

 

 

 

 

Share the Post

About the Author

SOLODESAIN.CO.ID merupakan jasa pembuatan website dan toko online (Online Shop) di Solo dengan desain web yang profesional. Layanan kami meliputi desain website perusahaan, jasa desain website instansi pemerintah, jasa web desain sekolah, jasa pembuatan website personal, pembuatan toko online dan Jasa SEO di Solo.

Comments

Comments are closed.

× Butuh Info Silahkan Chat WA
Read more:
Retailer v1.9 – Retina Responsif WooCommerce Tema (Versi terbaru)

Pengecer adalah Responsif, Retina Ready, toko tema membangun untuk WooCommerce 2.0 + dan WordPress . Tema ini mencakup semua yang...

Close