Membuat sebuah iklan dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat iklan tentu tidak mudah. Karena kita tidak dituntut untuk dapat menuliskan kata yang unik dan menarik, tapi juga harus mampu membawa orang untuk membeli produk kita. Mempengaruhi minat dan keinginan konsumen melalui sebuah tulisan iklan harus benar – benar diperhatikan. Tidak jarang iklan yang sudah kita anggap bagus, tapi tidak menghasilkan apa – apa bagi bisnis kita. Untuk itu kita harus tahu bagaimana membuat bahasa iklan yang benar – benar dibutuhkan oleh konsumen. Nah, berikut ini adalah 5 strategi yang bisa kita pelajari.
1. Jangan terlalu teknis
Dalam menuliskan sebuah teks iklan coba hindari menjelaskan terlalu banyak kepada audiens Anda tentang teknis produk yang Anda jual. Mereka bisa saja melihat informasi teknis tersebut di website atau halaman referensi lainnya, tapi tidak pada iklan Anda. Mereka tidak akan mau menyibukkan diri untuk berlama – lama memahami informasi teknis dari produk yang Anda jual. Sebaiknya pisahkan penjelasan teknis dengan bahasa iklan yang Anda tawarkan kepada mereka.
Mereka akan lebih mudah memahami apa yang Anda jual ketika mereka difokuskan pada apa yang ingin mereka beli. Contohnya, produk Apple bisa saja memberikan informasi yang banyak tentang seberapa hebat dan canggih piksel kamera dan prosesor yang mereka gunakan. Tapi yang dibutuhkan pelanggan adalah apa yang menarik bagi mereka yang dapat mereka lakukan dengan kelebihan tersebut. Seperti manipulasi foto yang lebih mudah, melakukan pekerjaan dengan lebih mudah di dalam aplikasi produk Apple tersebut.
2. Tunjukkan keunggulan produk Anda
Kita mengenal dalam sebuah bahasa iklan, akan ada banyak kata – kata yang mengunggulkan sebuah produk. Tentu saja itu teknik yang paling efisien. Karena seorang pelanggan akan lebih dulu ingin tahu apa keunggulan dan kehebatan dari iklan produk yang mereka inginkan. Mereka tidak akan akan mudah tergiur ketika Anda hanya menuliskan, “Inilah kendaraan terbaik yang pernah Anda miliki”. Anda harus mampu menjelaskan dengan bahasa yang singkat namun jelas tentang sebaik apa kendaraan tersebut ketika Anda menggunakannya? Pelanggan ingin diberi penjelasan yang mudah mereka mengerti dan tentu saja menarik bagi mereka.
3. Jangan takut menentang aturan yang ada
Terkadang kita akan takut salah dalam menuliskan sebuah kalimat di dalam iklan. Entah dari segi tata bahasa atau pengucapannya. Dan meskipun ada aturan untuk membuat sebuah bahasa komunikasi yang jelas, bahasa di dalam sebuah iklan adalah alat bagi seorang seniman untuk dapat membantu mengekspresikan diri mereka. Jangan takut untuk dapat menentang tata bahasa atau aturan mengani ejaan, jika memang itu berarti untuk menyusun bahasa iklan yang menarik diucapkan dan dipandang mata audiens Anda.
4. Tentukan nada suara bahasa sesuai produk atau jasa yang ditawarkan
Produk atau jasa yang berbeda tentu akan memiliki bahasa atau nada suara iklan yang berbeda pula. Seperti halnya ketika Anda menjual produk kecantikan bagi wanita tentu akan berbeda dengan produk perawatan bagi pria. Akan ada nada suara atau penulisan yang membuat Anda harus membedakan keduanya. Salah satu alasannya adalah karena target pasar yang Anda tuju juga sudah berbeda. Target pasar sangat mempengaruhi usaha Anda dalam membuat sebuah iklan dan bagaimana reaksi yang akan diberikan pelanggan bagi Anda. Pastikan Anda menentukan target pasar yang jelas dan pasti, sehingga dapat mempermudah Anda dalam menggunakan bahasa iklan.
5. Buatlah jargon Anda sendiri
Dalam sebuah iklan tentu akan ada yang membedakan apa iklan Anda dengan iklan pesaing Anda. Jenis huruf hingga kata – katapun bisa saja sama, tapi tidak dengan sebuah jargon dalam iklan Anda. Layaknya moto perusahaan, jargon akan membuat iklan Anda berbeda dari yang lainnya. Tentu saja Anda harus mampu membuat sebuah jargon iklan yang berbeda dari pesaing Anda. Anda harus mampu membuat sebuah jargon yang menggambarkan apa produk atau jasa yang Anda iklankan. Seperti halnya Nokia yang konsisten dengan jargon mereka “Connecting people”. Namun yang paling penting adalah penggunaan bahasa jargon tidak boleh lebih banyak daripada pengucapan nama merek produk Anda.
Jasa Pembuatan Toko Online Murah dan Langsung Jadi. Fitur di Desain untuk meningkatkan penjualan toko online Anda serta Gratis domain dan hosting.
KEUNGGULAN TOKO ONLINE SOLO DESAIN
solodesain.co.id hadir dengan semua keunggulan yang memudahkan Anda dalam meraih sukses.
Instalasi cepat & siap pakai
Hanya dengan beberapa langkah mudah, kini siapa saja bisa membuat web toko online yang langsung bisa menjual produk melalui internet, bahkan sekalipun bagi Anda yang tidak mengerti pemrograman website toko online.
GRATIS domain & hosting
Paket web toko online sudah dilengkapi dengan gratis hosting dan domain, cukup fokus pada penjualan produk Anda, tanpa harus memikirkan kehabisan space atau bandwidth. Layanan hosting dan domain dari solodesain.co.id
Tersedia Dokumentasi / Tutorial penggunaan
Pelajari dan maksimalkan web toko online Anda dengan mudah, coba GRATIS toko online melalui demo site kami, atau ingin merekrut karyawan untuk toko online Anda, cukup berikan dokumentasi web toko online pada staff Anda.
Online Support Assistant
Butuh bantuan dan asistensi tentang penggunaan / manajemen / bagaimana memaksimalkan toko online Anda. Anda bisa menghubungi Customer Service melalui YM, email, telepon setiap hari senin-sabtu, jam 08.00 – 16.00.
SEO Friendly
Solo Desain, memberikan cms web toko online yang didesain sangat Google Friendly. Setting meta di setiap halaman, keyword di setiap produk, juga bisa integrasi toko online Anda dengan google webmaster atau google analytic.
Beragam Fitur Andalan
Toko Online di Solo Desain untuk memudahkan dan melengkapi web toko online Anda. Fitur web toko online yang sangat mudah digunakan dan ditujukan untuk mampu membantu meningkatkan penjualan dan produktifitas toko online Anda.
Lifetime Guarantee
Anda tidak perlu khawatir ketinggalan teknologi tentang website terbaru & error yang terjadi di website Anda, karena tim kami akan selalu meng-update teknologi setiap waktu secara berkala. Fitur ini akan kami berikan kepada Anda secara cuma-cuma.
Akses Penuh ke cPanel
Anda akan kami berikan akses penuh ke account cPanel website Toko Online Anda. Sehingga Anda bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan Anda.
Mobile Version
Website Toko Online Anda secara default sudah dilengkapi dengan mobile version, sehingga jika website toko online Anda dibuka dari smartphone atau tablet akan tampil lebih simple dan informatif. Sehingga memudahkan orang untuk belanja produk Anda melalui smartphone dan tablet.
Layanan Solo Desain :
Jasa Toko Online – Jasa Web Desain – Jasa Optimasi Website – Jasa Media Social Marketing – Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko Online – Kursus Web Desain – Kursus Toko Online – Kursus Socialmedia Marketing – Jasa Toko Online Murah – Jasa Desain Web Solo – Jasa desain Grafis – Jasa SEO – Jasa Pembuatan Web Pemerintah – Jasa Pembuatan Web Sekolah – Jasa Pembuatan Web Perusahaan – Jasa Optimasi Social Media