Banyak strategi sebenarnya untuk menentukan harga produk yang sedang anda jual. Di sini saya akan bagikan tiga pendekatan yang sering dipakai untuk menentukan harga jual sebuah barang.
Menetapkan harga jual berdasar biaya merupakan yang paling banyak digunakan. Caranya simpel, berapa total biaya yang dikeluarkan ditambahkan dengan margin keuntungan yang diinginkan, maka itulah harga jual produk tersebut.
Contoh, misalkan pedagang baju di atas kulakan suatu baju seharga Rp 84.000/pcs. Ditambah dengan biaya transporttasi dan biaya lain yang jika dihitung per unit, total biayanya misal Rp 1.000. Plus ditambah dengan margin keuntungan yang diinginkan misal 20 persen, maka harga jual produk tersebut Rp 84.000 + Rp 1.000 + Rp 16800 (20 persen keuntungan dari harga produk) = Rp 110.0800
Cara menetapkan harga jual berdasar kompetisi ini biasa dipakai oleh pendatang baru. Karena dia “pemain” baru untuk berjualan produk sejenis yang lebih dulu ada, maka dia akan mengecek berapa harga jual kompetitor sebelum memutuskan untuk menetapkan harga jual bagi produknya.
Biasanya harga jualnya lebih murah dari produk yang lebih dulu ada. Meski lebih murah, biasanya tetap sedikit mendapat keuntungan. Bedanya, mungkin margin keuntungan yang didapat lebih sedikit dibanding kompetitor.Dalam beberapa kasus, ada juga yang berani rugi saat menerapkan strategi harga jual berdasar kompetisi ini. Biasanya, hal itu dilakukan oleh pemodal besar. Prinsipnya, tak mengapa rugi di awal-awal, yang penting selanjutnya bisa untung terus. Pertimbangan lain menggunakan strategi harga jual berdasar kompetisi ini demi mempercepat penetrasi pasar dan memperbesar market share konsumen.
Strategi ketiga untuk menetapkan harga jual produk menggunakan pendekatan tujuan khusus. Tujuan apa yang ingin anda capai dari harga jual tersebut. Tujuannya, bisa untuk meningkatkan jumlah penjualan, mendongkrak image produk, atau tujuan khusus lainnya. Misalkan, karena akan datang produk baru, maka untuk menghabiskan stok lama digelarlah cuci gudang. Misalkan lagi, karena mendekati lebaran, maka digelarlah promo lebaran untuk memanfaatkan momen. Contoh kasus yang juga saya alami sendiri mengenai pentingnya penetapan harga jual ini juga saya bagikan di produk InstanX. Silahkan anda pelajari kembali di produk InstanX.com tersebut.
Mengenai soal margin keuntungan itu sendiri, tiap niche bisa beda. Jual bahan bangunan margin untungnya berbeda dengan jual makanan atau jual buah-buahan. Tiap jenis produk dalam satu niche pun kadang juga bisa beda. Belum lagi, kalau anda terapkan strategi penjualan lainnya, misal cross-selling, harganya bisa beda lagi.
Tapi yang terpenting, apapun strategi harga jual yang anda pakai, sebaiknya:
Selalu ukur hasil penjualan anda. Karena itu bukan hanya berkait dengan strategi pricing yang sedang anda lakukan, tapi juga strategi marketing anda.
Kreatif. Jangan terpaku dengan satu cara. Selalu coba pikirkan cara baru untuk menjual produk anda lebih banyak dan lebih luas.
Amati selalu situasi pasar terkini.
Semoga posting ini bisa membantu Anda dan rekan-rekan lainnya yang kesulitan untuk menentukan harga jual produknya.
Jasa Pembuatan Toko Online Murah dan Langsung Jadi. Fitur di Desain untuk meningkatkan penjualan toko online Anda serta Gratis domain dan hosting.
KEUNGGULAN TOKO ONLINE SOLO DESAIN
solodesain.co.id hadir dengan semua keunggulan yang memudahkan Anda dalam meraih sukses.
Instalasi cepat & siap pakai
Hanya dengan beberapa langkah mudah, kini siapa saja bisa membuat web toko online yang langsung bisa menjual produk melalui internet, bahkan sekalipun bagi Anda yang tidak mengerti pemrograman website toko online.
GRATIS domain & hosting
Paket web toko online sudah dilengkapi dengan gratis hosting dan domain, cukup fokus pada penjualan produk Anda, tanpa harus memikirkan kehabisan space atau bandwidth. Layanan hosting dan domain dari solodesain.co.id
Tersedia Dokumentasi / Tutorial penggunaan
Pelajari dan maksimalkan web toko online Anda dengan mudah, coba GRATIS toko online melalui demo site kami, atau ingin merekrut karyawan untuk toko online Anda, cukup berikan dokumentasi web toko online pada staff Anda.
Online Support Assistant
Butuh bantuan dan asistensi tentang penggunaan / manajemen / bagaimana memaksimalkan toko online Anda. Anda bisa menghubungi Customer Service melalui YM, email, telepon setiap hari senin-sabtu, jam 08.00 – 16.00.
SEO Friendly
Solo Desain, memberikan cms web toko online yang didesain sangat Google Friendly. Setting meta di setiap halaman, keyword di setiap produk, juga bisa integrasi toko online Anda dengan google webmaster atau google analytic.
Beragam Fitur Andalan
Toko Online di Solo Desain untuk memudahkan dan melengkapi web toko online Anda. Fitur web toko online yang sangat mudah digunakan dan ditujukan untuk mampu membantu meningkatkan penjualan dan produktifitas toko online Anda.
Lifetime Guarantee
Anda tidak perlu khawatir ketinggalan teknologi tentang website terbaru & error yang terjadi di website Anda, karena tim kami akan selalu meng-update teknologi setiap waktu secara berkala. Fitur ini akan kami berikan kepada Anda secara cuma-cuma.
Akses Penuh ke cPanel
Anda akan kami berikan akses penuh ke account cPanel website Toko Online Anda. Sehingga Anda bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan Anda.
Mobile Version
Website Toko Online Anda secara default sudah dilengkapi dengan mobile version, sehingga jika website toko online Anda dibuka dari smartphone atau tablet akan tampil lebih simple dan informatif. Sehingga memudahkan orang untuk belanja produk Anda melalui smartphone dan tablet.
Jasa Toko Online – Jasa Web Desain – Jasa Optimasi Website – Jasa Media Social Marketing – Jasa Internet Marketing – Jasa Optimasi Toko Online – Kursus Web Desain – Kursus Toko Online – Kursus Socialmedia Marketing – Jasa Toko Online Murah – Jasa Desain Web Solo – Jasa desain Grafis – Jasa SEO – Jasa Pembuatan Web Pemerintah – Jasa Pembuatan Web Sekolah – Jasa Pembuatan Web Perusahaan – Jasa Optimasi Social Media